16 Petugas Kesehatan di Lebong Diswab


IST/BE
Petugas medis ketika mengambil sampel swab terhadap warga yang kontak langsung dengan pasien covid.

LEBONG, BE – Sebanyak 16 orang petugas kesehatan di 4 Pusat Kesehatan masyarakat (Puskesmas) uji swab karena memiliki gejala. Sementara 12 orang lainnya diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Hal tersebut setelah dilakukan rapid test terhadap para petugas kesehatan.
Adapun ke 16 petugas kesehatan yang uji swab yaitu 5 orang di Puskesmas Muara Aman, 8 orang di Puskesmas Kota Donok, 1 orang di Puskesmas Tes, dan 2 orang di Puskesmas Limaupit. Dengan demikian, ada sebanyak 37 sampel swab.
Jumlah tersebut terdiri dari personel Polres, tenaga kesehatan, dan keluarga pihak pasien positif yang telah dikirik ke Provinsi Bengkulu, dimana saat ini sudah ada 8 orang warga Lebong yang dinyatakan positif atau terpapar covid-19, 5 diantaranya telah sehat dan 3 lagi masih isolasi mandiri.
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Lebong, Rachman SKM MSi mengatakan bahwa untuk sampel swab bagi tenaga kesehatan telah dikirim dan tinggal menunggu apakah hasilnya positif atau negatif Covid-19.
“Kita berharap hasilnya negatif semua,” sampainya, kamis (26/11).
Didapatnya 28 petugas kesehatan yang dinyatakan reaktif setelah dilakukan raid test secara berkala bagi petugas kesehatan. Dimana untuk saat ini seluruh petugas kesehatan yaitu sebanyak 28 orang sudah diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari setelah dilakukan rapid test.
“Semuanya sudah kita minta untuk melakukan isolasi mandiri,” ujarnya
Sementara itu, bagi 3 warga yang psositif juga menjalani isolasi mandiri, masing-masing pasien nomor 6 berjenis kelamin perempuan atas nama Rohayu (40) salah satu karyawan BRI tidak memiliki riwayat perjalanan dengan keluhan demam, sakit kepala, batuk, bersin, hilang rasa. Kemudian pasien nomor 7 berjenis perempuan (27) belum ditemukan riwayat kontak erat kasus konfirmasi covid-19, dengan keluhan demam, sakit tenggorokan, sesak nafas, lesu.
“Terakhir pasien 8 berjenis kelamin laki-laki (32) riwayat kontak erat kasus konfirmasi covid-19, dengan keluhan demam, batuk, sakit tenggorokan, pilek,” tuturnya
Untuk itulah, Rachman menghimbau kepada masyarakat yang saat ini dinyatakan positif covid-19 maupun yang sedang menjalani isolasi mandiri, agar tetap berdiam di rumah dan tidak melakukan kontak dengan siapapun. Selain itu, bagi masyarakat yang berobat ke pusat kesehatan untuk bisa jujur mengenai gejala maupun riwayat sebelum dirinya sakit.
“Sehingga para petugas bisa mengambil tindakan cepat,” imbaunya.(614)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*