16 Penyuluh KB Kaur Dapat Tornas Baru

SERAHKAN: Bupati Kaur didampingi Wabup dan Asisten serta Kepala Dinas saat menyerahkan motor dinas KB kepada penyuluh KB di halaman Kantor Pemda Kaur, Selasa (11/8).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur memberikan fasilitas berupa motor dinas (Tornas) kepada 16 penyuluh Keluarga Berencana (KB). Fasilitas tersebut sebagai upaya penunjang peningkatan mobilitas dan daya jangkau pelaksanaan tugas para petugas di lapangan. Penyerahan Tornas ini langsung dilakukan Bupati Kaur, H Lismidianto SH MH, di halaman Pemda Kaur, Selasa (10/8).

“Dengan fasilitas baru ini, saya harap para penyuluh KB dapat meningkatkan kinerjanya dalam melaksanakan tugas sehingga dapat semakin mempercepat pencapaian program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga di Kaur ini,” kata bupati di hadapan para penyuluh KB, Selasa (10/8).

Dikatakan bupati, dengan penyerahan Tornas baru ini ia menaruh harapan kinerja kepada penyuluh KB bisa lebih baik lagi setelah menerima fasilitas sepeda motor. Muaranya, mereka dituntut dapat menekan angka kehamilan maupun angka kelahiran. Dimana ditengah pandemi Covis-19 ini, angka kehamilan yang tidak direncanakan meningkat di Indonesia, tak terkecuali di Kaur. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para penyuluh dilapangan untuk bekerja lebih maksimal.

“Kita harapkan kinerja penyuluh ini bisa lebih optimal menurunkan angka kelahiran di Kaur ini, ditambah lagi dengan kondisi pandemi Covid-19 ini juga menjadi tantangan buat para penyuluh dalam menjalankan tugasnya, karena harus membantu pemerintah dalam mensosialisasikan pentingnya mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” terangnya.

Ditambahkan bupati, dari 16 motor dinas yang diperuntukkan bagi penyuluh KB itu, 6 diantaranya ditahan bupati lantaran yang bersangkutan belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) kendaraan roda dua atau SIM C, sehingga ia meminta kepada yang bersangkutan agar terlebih dahulu mengurus SIM C.

“Untuk sementara waktu 6 motor dinas penyuluh KB ini kita tahan dulu, dan yang bersangkutan kita minta agar segera membuat SIM C ke Polres, karena penyuluh KB ini ujung tombak dan harus menjadi contoh yang baik di masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Kaur, Rohina MSi menyebutkan, ada 16 sepeda motor diberikan kepada penyuluh KB yang ada di lapangan yang tersebar di 15 Kecamatan se-Kabupaten Kaur. Dimana 16 unit sepeda motor itu merupakan pengadaan tahun 2021, bersumber dari dana DAK BKKBN 2021.

“Penyerahan kendaraan roda dua ini sebagai penunjang bagi penyuluh KB agar dalam melaksanakan tugasnya makin semangat terutama dalam mendukung program kependudukan keluarga berencana,” harapnya. (618)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*