16 Guru Pensiun

guru-honorer
foto:ist

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 16 guru di Kabupaten Kepahiang akan memasuki masa purna tugas diakhir tahun ini. Sehingga guru di tingkat SD dan SMP tersebut akan mengalami kekurangan.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kepahiang, Dr Hartono MPd melalui Kasubag Kepegawaian, Lia Febriani SE menuturkan, jika secara umum kekurangan guru SD dan SMP di Kabupaten Kepahiang sangat besar.

“Terlebih setiap tahunnya banyak yang pensiun, 2018 ini yang sudah masuk usulan ada 16 guru,” terang Lia.

Menurutnya, selama ini kekurangan guru diatasi dengan melaksanakan rekrutmen guru tenaga kontrak sebanyak 485 orang. Hingga total tenaga pendidikan di Kabupaten Kepahiang saat mencapai seribuan lebih.

“Jumlah tenaga kontrak daerah ditambah dengan guru ASN sekarang mencapai seribuan orang lebih. Tetapi untuk kebutuhan secara keseluruhan belum juga mencukupi bahkan kita masih kekurangan ratusan guru,” ucap Lia.



Dikatakannya, untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) yang memiliki 6 ruang belajar saja. Minimal satu sekolah harus memiliki 8 tenaga pendidik. Terdiri dari 6 guru kelas, 1 penjas dan 1 guru agama.

“Sedangkan kita ada 98 SD, ini juga ada yang ruang belajar lebih dari 6 bahkan untuk sekolah besar saja bisa memiliki 12,” sebut Lia. (320)