”Cerdas Kompetitif dalam IMTAQ dan IPTEK dengan Berwawasan Global”

PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat Rahmat dan hidayah-Nya,  SMAN 5 kota Bengkulu  bekerjasama dengan Harian Bengkulu Ekspress, kembali hadir dalam rubrik Informasi Sekolah.

Dengan adanya rubrik Info Sekolah ini, diharapkan proses penyebarluasan informasi dan akses sekolah akan dapat lebih maksimal, sehingga SMA Negeri 5 Kota Bengkulu sebagai salah satu sekolah yang saat ini memiliki potensi sebagai Sekolah Rintisan Berstandar Internasional (RSBI) akan lebih baik lagi sehingga dapat disejajarkan dengan sekolah-sekolah Berstandar Internasional baik di tingkat nasional maupun internasional.

Selain itu, info SMAN 5 juga difasilitasi  website  SMAN 5 dengan begitu pemanfataan teknologi dan informasi akan lebih ditingkatkan sehingga sekolah akan memiliki pengembangan informasi di bidang Teknologi Informasi yang baik dan maksimal.

Diharapkan  dengan adanya kerjasama ini dan komitmen semua elemen terkait yang berhubungan langsung dengan proses pendidikan, ke depannya  peningkatan mutu layanan pendidikan dapat ditingkatkan… Aamiin.

 

=PROFIL SEKOLAH=

SMA NEGERI 5 (SMANLI) Bengkulu berdiri pada tahun 1976 dengan nama Sekolah Menengah Pertanian Pertama (SMPP).  Kemudian terjadi beberapa perubahan nama antara lain SMAN 4, SMAN 5, SMUN 5 dan sekarang menjadi SMAN 5 Kota Bengkulu, dan diresmikan  melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menjadi Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tanggal 16 April 1997 dengan nomor : 3229/1.22.6/PS/1997.

Selama 32 tahun, SMANLI demikian  singkatan nama sekolah ini dikenal anak-anak sekolahan, telah mencapai banyak kemajuan berkat berbagai program pengembangan yang dilaksanakan dalam beberapa tahun terakhir.  Bila pada awal berdirinya SMANLI hanya memiliki 12 ruang kelas belajar dan 1 ruang laboratorium. Saat ini SMANLI telah memiliki 18 ruang kelas belajar dengan 5 ruang laboratorium, 1 ruang multi media, mushala, kantin, aula, perpustakaan dan sarana olahraga lainnya serta akses jaringan internet.

Disamping itu SMANLI juga telah meraih banyak prestasi baik bidang akademis (lulusan SMANLI yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Indonesia melalui jalur tes dan non tes) maupun bidang sains (Olimpiade), olahraga, imtaq dan seni untuk tingkat provinsi maupun nasional.
Saat ini SMANLI telah terakreditasi A dengan jumlah tenaga pendidik 58 orang dan 23 orang tenaga administrasi dan karyawan. Semua ini terwujud berkat kerjasama dan komitmen semua elemen terkait yang berhubungan langsung dengan proses pendidikan. Program ke depan masih banyak lagi yang ingin dikembangkan di SMANLI ini, khususnya dalam rangka peningkatan mutu layanan pendidikan kedepanya. (**)

 

= Visi dan Misi =
Visi SMAN 5  Bengkulu
”Cerdas  Kompetitif  dalam  IMTAQ dan IPTEK  dengan  Berwawasan Global”

Misi SMAN 5 Bengkulu
1. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama yang dianut sebagai landasan dalam berpikir dan bertindak.
2. Menjaga lingkungan pembelajaran yang kondusif dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran.
3. Menumbuhkembangkan semangat keunggulan dan bernalar sehat kepada peserta didik, guru, dan karyawan sehingga berkemauan kuat untuk terus maju.
4. Meningkatkan komitmen seluruh tenaga pendidik dan kependidikan terhadap tugas pokok dan fungsinya.
5. Menerapkan dan Meningkatkan Pemakaian Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran dan administrasi sekolah.
6. Menghasilkan peserta didik yang unggul dalam berbagai kegiatan akademik dan non akademik di tingkat Regional, Nasional, dan Internasional.
7. Menumbuhkan semangat kompetitif dalam menghadapi Era Globalisasi.

 

Kebijakan Mutu
Sekolah Menengah Atas  (SMA) Negeri 5 Kota Bengkulu, selalu berusaha untuk terus melakukan berbagai perbaikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Sebagai langkah strategis, sekolah berkomitmen menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 untuk meningkatkan mutu pelayanan pendidikan dan  perbaikan berkelanjutan (Continous Improvement).

SMA Negeri 5 Kota Bengkulu senantiasa berlandaskan pada nilai-nilai keagaamaan dalam mengedepankan penerapan ilmu pengetahuan dan berorientasi pada perkembangan teknologi untuk menghasilkan lulusan yang berkemampuan personal, sosial, akademik, dan mampu bersaing di era globalisasi.

Kebijakan mutu yang telah dirumuskan dan ditetapkan  harus dicapai dengan baik, untuk mencapai tujuan  kebijakan mutu itu diatur dalam kebijakan sebagai berikut:. Kebijakan mutu  ini diharapkan dipahami, dijiwai, dan dilaksanakan  oleh segenap pendidik,  tenaga kependidikan,  dan peserta didik SMA Negeri 5 Kota Bengkulu

1. Mengembangkan dan menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 sebagai dasar perbaikan berkelanjutan mutu pendidikan di setiap kegiatan yang berhubungan dengan penyelenggaraan pendidikan.

2. Berkomitmen untuk memenuhi persyaratan peraturan perundangan terkait dengan penyelenggaraan pendidikan.

3. Meningkatkan dan mengembangkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu dan pelayanan prima dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan.

4. Meningkatkan peran serta dan prestasi tenaga pendidik dan peserta didik dalam berbagai kegiatan akademik dan nonakademik di tingkat provinsi, nasional, dan internasional.

5. Meningkatkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses belajar mengajar dan pelayanan terhadap masyarakat sebagai penggerak dalam meningkatkan mutu pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing dan berwawasan global.

6. Membudayakan pengamalan IMTAQ dalam kehidupan sehari-hari.

 

          =Prestasi Sekolah=
Bidang Akademik  2011 – 2012
1. Juara Umum OSN Tingkat Propinsi
2. Juara mum LCT Biologi Tk Propinsi
3. Juara Umum LCT Kimia Tk Propinsi
4. Juara III Olimpiade Pasar Modal Tk Nasional
5. Juara I Bahasa Inggris Tk Nasional, Jakarta.
6. Juara II LKTI UGM Tk Nasional
7. Juara I LKTI Se-Sumatera
8. Juara I Poster Matematika UNAND
9. Juara III Puisi Matematika UNAND
10. Peringkat 8 Olimpiade Ekonomi Akutansi UGM
11.  Juara I Olimpiade ekonomi tk Propinsi maju ke Tk Nasional.

Juara Non Akademik
1. Juara I Nasional Bridge Maret 2011
2. Juara I Nasional Bridge November 2011
3. Juara II Nasional KIR Bidang Geografi-UGM 2011
4. Juara harapan II Nasional Menulis Cerita Remaja Islam- Kemenag 2011
5. Juara I Nasional Baca  Puisi, LOmbok 2012
6. Juara III Nasional Bridge Jakarta 2012
7.. Juara III Parade Cinta Tanah Air Tk propinsi
8. Juara I Lomba Pelajar Tangkas Tk Propinsi

Ke Tingkat Nasional
1. Raimuna Nasional – PAPUA An Mia Dwi Hapsari
2. Kuis Ki Hajar Dewantoro Kemdikbud 06 November 2012 An Darmawan Raharjo

91% Pelajar SMAN 5
Terserap di PTN

SERAPAN pelajar di SMAN 5 Kota Bengkulu di perguruan tinggi negeri mencapai 87 persen.  Pelajar dari sekolah favorit itu diterima baik melalui jalur undangan maupun jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

“40 persen pelajar kita diterima di PTN dengan melalui jalur undangan, dan melalui jalur mandiri, ” kata Kepala SMAN 5 Kota Bengkulu, Drs H Yuliantori.
Dikatakan, serapan pelajar di PTN pada tahun 2010 mencapai 91,35 persen, dengan jumlah siswa 181  pelajar diterima sebanyak 170 pelajar  tersebar di 9 perguruan tinggi  negeri.

Sisanya  11 orang masuk ke perguruan tinggi swasta seperti  UN Trisaksi, UMY Yogyakarta, UII Yogyakarta dan UMM Malang serta pada tahun 2011, sisa pelajar sebanyak 5 orang diterima di Perguruan Tinggi Bakri Foundation.
Sedangkan lulusan tahun 2011, dari 182 pelajar, diterima sebanyak 147 pelajar di sembilan PTN dan pada tahun 2012  dari 171 pelajar diterima  di PTN sebanyak 148 pelajar  di 8 perguruan tinggi negeri.

”Yang menjadi kebanggaan, pelajar SMAN 5  hampir setiap tahun  selalu  diterima di perguruan tinggi luar negeri, seperti UN Malaysia, UN  Turki,” tegas Kepsek.

Ini menunjukan prestasi   dan  kualitas didik mengalami peningkatan.  Karena itu kata Kepsek, ia beserta dewan guru dan pelajar akan berusaha untuk menjadi lebih baik dan menjadi sekolah rujukan dan  kualitasnya tak diragukan.
Banyak cara yang dilakukan untuk peningkatan kualitas didik, bukan hanya didapat dari lokal, pelajar dan guru kerap melakukan studi banding  ke sekolah yang lebih maju.  Dan baru-baru ini dilakukan  di SMAN 81  Jakarta.   Ia berharap banyak ilmu yang didepat di sekolah yang lebih maju, dan bisa diterapkan di SMAN 5 ini. (247)

 

Langganan Raih OSN
Kota dan Provinsi

TIDAK semua sekolah mampu mengantarkan pelajarnya  meraih penghargaan  Olimpiade Sains Nasional (OSN).  SMAN 5 Kota Bengkulu, selama empat  tahun berturut-turut, mencatat prestasi yang memuaskan  karena siswanya berhasil meraih penghargaan  OSN baik tingkat kota dan provinsi. Prestasi yang diraih sejak tahun 2009  tercatat 12 medali  yang dikumpulkan tingkat Kota Bengkulu dan 8 medali  di  tingkat provinsi.

Prestasi itu meningkat pada tahun 2010 mendapatkan 12 medali   tingkat kota dan 5 medali di tingkat provinsi dan pada tahun 2011  perolehan mencapai 15 medali di tingkat kota dan 5 medali di tingkat provinsi.   Sedangkan pada tahun 2012 perolehan medali sudah mencapai 13 di tingkat kota dan 4 medali di tingkat provinsi.  Bahkan baru-baru ini, pelajar SMAN 5 dikirim mengikuti OSN tingkat nasional di bidang fisika, ekonomi, matematika dan TIK.

“Total penghargaan yang kita peroleh mencapai 74  medali, dan  itu diperoleh dibidang  IPA (Kimia, Fisika, Matematika) dan  Astronomi, ekonomi dan kebumian,” kata Kepala SMAN 5 Kota Bengkulu, Drs H Yuliantori.

Keberhasilan  yang telah diraih itu, kata Kepsek, menjadi kebanggaan sekolah dan Kota Bengkulu.  Hal itu juga membuktikan SMAN 5 menjadi  langganan peraih medali OSN di tingkat kota dan provinsi.

Untuk bisa  lebih baik, kata Yuliantori, sekolahnya terus melakukan  berbagai inovasi  dalam hal kegiatan belajar, dan melengkapi  fasilitas belajarnya. Dengan begitu, semangat belajar siswanya  diupayakan tidak pernah surut. Ketika akan maju dalam kejuaraan nasional seperti OSN,  anak-anak didiknya pun diberikan bimbingan dengan menjalin kerja sama institusi dari luar. (247)