156 RTLH di Benteng Mulai Direhab

Bakti/BE
MATERIAL : Koordinator BSPS di Kabupaten Benteng, Wersi saat memantau proses penyaluran material ke penerima bantuan.

BENTENG,bengkuluekspress.com – Dana Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR RI untuk Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) tahun 2021 mulai disalurkan.
Dari total 160 rumah tak layak huni (RTLH) yang bakal direhab, proses perbaikan rumah sudah mulai dilakukan di 156 unit rumah. Sedangkan, 4 rumah lainnya diprediksi akan direhab dalam waktu dekat.
“4 unit rumah masih menunggu SK. Diharapkan SK-nya segera diterbitkan dan bisa dimulai dalam bulan ini,” kata Koordinator BSPS di Kabupaten Benteng, Wersi.

Dijelaskan Wersi, BSPS disalurkan ke 6 desa di sejumlah kecamatan. Yaitu, 48 unit rumah di Desa Durian Demang, Kecamatan Karang Tinggi dan 37 unit rumah di Desa Taba Pasemah dan 35 unit rumah di Desa Pulau Panggung wilayah Kecamatan Talang Empat. Lalu, 20 unit di Desa Pondok Kelapa dan 20 unit di Desa Padang Ulak Tanjung.
“Diprediksi, semua pekerjaan sudah selesai pada bulan Juni atau awal Juli,” tambahnya.

Sesuai dengan ketentuan, jelasnya, dana bantuan akan ditransfer ke rekening masing-masing penerima. Hanya saja, seluruh uang tersebut harus dibelanjakan material, tak boleh diambil untuk kepentingan pribadi.
Ditahun 2021, dana bantuan untuk setiap penerima ditetapkan sebesar Rp 20 juta perunit rumah. Kegunaannya, Rp 17,5 juta untuk bahan material dan Rp 2,5 juta upah tukang. Ditahun sebelumnya, setiap penerima bantuan diberi bantuan dana sebesar Rp 17,5 juta. Dengan rincian, Rp 15 juta untuk pembelian material bahan bangunan dan 2,5 juta untuk upah tukang yang mengerjakan rumah tersebut.(135)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*