15 September, BPS Kota Bengkulu Targetkan Sensus Penduduk 2020 Rampung

GINTA ARI WIJAYA/BE- Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bengkulu, Kamis (10/9).
GINTA ARI WIJAYA/BE- Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bengkulu.

BENGKULU, BE – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bengkulu telah melakukan Sensus Penduduk 2020, sejak 1 September lalu. Pelaksanaan sensus ini dilakukan secara manual atau Door to door oleh 264 petugas sensus. BPS menargetkan pendataan sensus penduduk ini dapat rampung pada pertengahan September mendatang.

Kepala Seksi (Kasi) Sosial Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bengkulu,  Reni Puspitasari (33),
Kepala Seksi (Kasi) Sosial Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bengkulu, Reni Puspitasari (33),

“Dari pusat menjadwalkan sensus penduduk ini rampung sampai akhir September, tetapi diusahakan di Kota Bengkulu dapat diselesaikan satu sampai lima belas September,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Sosial BPS Kota Bengkulu, Reni Puspasari (33), saat diwawancarai BE, Kamis (10/9).

Pendataan sensus penduduk 2020 sejak satu September hingga hari ini telah selesai lebih dari 50 persen. Agar sensus cepat terselesaikan, petugas sensus melakukan pendataan serentak di Kota Bengkulu. Setiap petugas mendata enam sampai delapan RT. BPS juga dibantu oleh 17 Koordinator lapangan yang bertugas untuk mengawasi kinerja petugas sensus.

“Petugas 264 sudah terbagi habis di seluruh wilayah, tanggal 1 semua petugas mulai berjalan,” Jelas Reni.

Selain itu, dalam upaya mewaspadai penularan covid-19, setiap petugas sensus dilakukan rapid test terlebih dahulu. Sebelum melakukan pendataan kelapangan atau mengunjungi masyarakat door to door. Petugas juga diarahkan agar tidak terlalu berlama dan banyak berinteraksi maupun bertemu dengan masyarakat. Petugas sensus hanya memeriksa berupa daftar penduduk, seperti Kartu Keluarga (KK), Nama, NIK (Nomor Induk Kependudukan), jenis kelamin, dan penyesuain Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan Kartu Keluarga.

Tahapan pelaksanaan pendataan sensus penduduk dilapangan dimulai dengan pelaporan kepada SLS (Satuan Lingkungan Setempat) dengan pemeriksaan daftar penduduk kepada RT/RW setempat. Dan kemudian petugas melakukan door to door setiap rumah warga.

Reni juga mengungkapkan, hingga saat ini belum ada kendala yang cukup berarti dalam pendataan sensus penduduk, baik dari petugas sensus maupun dari BPS tersendiri.

“Alhamdulillah hingga saat ini semua masih berjalan dengan baik dan lancar, insyaallah belum ada hambatan yang cukup berarti,” tambah Reni. (Mg4)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*