15 Puskesmas Tanpa Dokter Gigi

BengkuluMUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Jumlah dokter di Kabupaten Mukomuko sangat kurang, khususnya dokter gigi. Di Mukomuko ada 17 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas). Dari jumlah itu hanya 2 puskesmas yang memiliki dokter gigi. Selebihnya 15 puskesmas lagi kosong atau tanpa dokter gigi.

“Khusus dokter gigi baru ada di dua puskesmas, yakni Puskesmas Lubuk Pinang dan Ipuh. Belasan Puskesmas lainnya belum ada,” tutur Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Junharto SKM melalui Kepala Bidang Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan Khairul Saleh SKM dikonfirmasi Bengkulu Ekspress kemarin (19/1).

Sementara untuk dokter umum dibelasan Puskesmas rata-rata sudah ada, tetapi jumlahnya masih kurang. Seharusnya dalam satu Puskesmas minimal ada 2 dokter umum dan 1 dokter gigi.

Dinas Kesehatan, kata Khairul Soleh, terus berupaya mengatasi kekuranga dokter itu. Ketika ada penerimaan CPNS Dinas Kesehatan selalu mengusulkan ke Pemerintah Kabupaten Mukomuko merekrut doker dalam jumlah banyak.

Ini tidak lain agar kebutuhan tenaga dokter, baik itu dokter umum, gigi dan lainnya dapat terpenuhi sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat bisa lebih maksimal. (900)