15 Puskesmas Sudah Terakreditasi

Foto : IST

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Perbaikan pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas yang ada di Bengkulu Utara (BU), sepertinya terus dibenahi. Buktinya hampir semua Puskesmas di Bengkulu Utara telah terakreditasi. Setidaknya sudah 15 Puskesmas yang sudah terakreditasi dari 22 Puskesmas yang ada, dan sebanyak 7 Puskesmas di tahun 2019 ini juga akan mendapatkan akreditasi.

Hal ini disampaikan oleh Plt Kadis Kesehatan Bengkulu Utara, Syamsul Maarif, SKM, MKes melalui Kabid Pelayanan Kesehatan, Herman Prambudi, SKM MPH. Ia menjelaskan setidaknya ada 7 Puskesmas yang akan disurvei untuk mendapatkan nilai akreditasi dan 5 Puskesmas yang akan reakreditasi karena memang masa akreditasinya sudah habis.

“Dengan telah terakreditasi semua Puskesmas, ini membuktikan bahwa manajemen dan tata kelola Puskesmas di Bengkulu Utara sudah bagus dan memenuhi standar kesehatan, walau nilai yang didapat masih berada di kelas dasar dan madya,” kata Herman.



Herman menambahkan, Puskesmas yang akan diakreditasi yakni Puskesmas Enggano, Puskesmas Air Padang, Puskesmas Hulu Palik, Puskesmas Dusun Curup, Puskesmas D4, Puskesmas Tanjung Harapan dan Puskesmas Napal Putih, sedangkan Puskesmas yang akan reakreditasi yakni Puskesmas Perumnas, Puskesmas Air Lais, Puskesmas Air Bintunan, Puskesmas D6 Ketahun dan Puskesmas TAP.  “Walau manajemen dan tata kelola dari Puskesmas ini sudah baik, hanya saja saat ini bahwa masih ada kekurangan yakni disegi ketenagaan,” tukasnya.(127)