15 Oktober, Utusan 13 Negara Hadir Seminar Internasional di Universitas Bengkulu

Universitas Bengkulu kembali menggelar seminar internasional, yang akan menghadirkan para ilmuwan dari 12.  Kegiatan Seminar Internasional Regional Network For Poverty Eradication (RENPER) akan dihelat tanggal 15-17 Oktober 2012 di Bengkulu.  ‘’Kegiatan ini akan diikuti 98 peserta. Dari jumlah tersebut, 73 orang adalah penulis dari luar negeri, 7 orang dari dalam negeri dan 18 orang dari Universitas Bengkulu.  Para penulis luar negeri berasal dari Malaysia (28), India (12), Bangladesh (4), Nigeria (3), Filipina (2), Thailand (2), Iran (2), Vietnam (1), Checzh (1) dan Brazil (1). Selain itu juga ada peserta dari Kamboja dan Jepang,’’ tutur Pembantu Rektor I Universitas Bengkulu, Dr. Ir Fahrurrozi, M.Sc.

Kegiatan RANPER di Unib kali ini merupakan yang ketiga digelar. RANPER pertama digelar Oktober 2010 lalu di Malaysia. seminar perdana diselenggarakan oleh University Malaysia Kelantan (UMK), di Kelantan Malaysia, yakni pada 26-28 Oktober 2010.  ‘’Kerjasama ini digagas oleh Menteri Pendidikan Tinggi Malaysia dalam mengisi penetapan UNESCO bahwa dunia harus memberantas kemiskinan. RANPER pertama diikuti 11 universitas dari 8 negara Asia, termasuk dari Universitas Bengkulu,’’ ujarnya.

RANPER kedua digelar di Kamboja pada 16-18 Oktober 2011.  Seminar tersebut dihelat di University of Battambang Kamboja.  Jumlah peserta yang hadir menjadi bertambah banyak, yang terdiri atas peneliti dari perguruan tinggi, perwakilan pemerintah  baik lokal maupun dari luar Kamboja.  Universitas Bengkulu juga hadir dan berpartisipasi aktif dalam acara internasional tersebut.  ‘’Usai dari Kamboja, disepakati tuan rumah RANPER ketiga adalah Unib. Tema yang diangkat pada RANPER kali ini adalah Mengupayakan inisiatif universitas untuk mengentaskan kemiskinan di tingkat lokal maupun regional.  Kita berharap melalui seminar ini, bisa ditelorkan ide-ide kreatif bagi pengentasan masyarakat miskin,’’  ungkapnya.

Kegiatan ini juga akan dihadiri RANPER Chairman, Prof Dr Hj Ibrahim Che Omar dari University Malaysia Kelantan. ‘’Para rektor unveritas anggota RANPER ini juga akan hadir yakni sebanyak 10 orang. Selain itu juga akan hadir 2 orang tamu dari UNDP Jakarta.  Kegiatan seminar akan digelar di Gedung rektorat Unib dan 8 ruangan yang ada di rektorat,’’ jelas pakar tanaman hortikultura ini. (**)