15 Oktober, Plt Gub Berangkat Haji

RATU SAMBAN, BE –  Bila tidak ada kendala, 15 Oktober mendatang Plt Gubernur, Junaidi Hamsyah bersama isteri, Honiarti  akan  berangkat menunaikan Ibadah Haji.

Suami istri ini  diberangkatkan dengan menggunakan jatah kursi Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) dan akan bergabung dengan kelompok terbang (kloter) ke 20 embarkasi Padang. “Insya Allah  berangkat tanggal 15 Oktober mendatang,” ujar Junaidi Hamsyah, usai mengantar  kakaknya di asrama haji Bengkulu, kemarin.

Dari jadwal  pemberangkatan, kloter 20 akan masuk asrama  embarkasi Padang sekitar pukul  14.00 WIB pada 15 Oktober tersebut. Lalu akan menginap 1 malam  di embarkasi, pada keesokan harinya tanggal 16 oktober JCH kloter 20 akan bertolak dari embarkasi Padang ke Jeddah sekitar pukul 14.30 dengan menggunakan pesawat Garuda 3522. Diprediksi tiba di Jeddah pukul 19.00 WAS.

Dalam menjalankan tugas ibadahnya, Junaedi Hamsyah dan istri akan lebih singkat yakni selama 15 hari sesuai dengan masa cuti yang diajukan. Hal ini dengan pertimbangan tugas  pokok pemerintahan. “Kalau  JCH lain berlangsung 40 hari, saya hanya berkisar 15 hari di tanah suci,” katanya.

Plt Gub  hanya akan mengikuti proses ibadah haji yang wajib, mulai wukuf, hingga tawaf wada’ selanjutnya akan  mengajukan  perjalanan pulang ke tanah air.
Selama  cuti keberangkatan ibadahnya,  Junaidi Hamsyah telah melimpahkan wewenang  kepemimpinan  dan urusan daerah kepada Sekprov Drs Asnawi A Lamat.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, H Suardi Abbas SH MH melalui Kabid Hazawa, Drs H Zahdi Taher MH belum mengetahui kepastian pemberangkatan  Plt Gubernur berserta istri tersebut. Hanya saja ia akan diberangkatkan serentak dengan  jemaah asal Padang, Sumbar.

“Karena  cutinya hanya  belasan hari maka   setelah tiba di Jeddah, beliau (Junaidi Hamsyah) akan melakukan tanazul  atau loncat kloter  dari kloter 20 pindah ke kloter  1 Padang untuk bisa mengikuti prosesi ibadah haji, setelah tuntas  prosesi haji,  beliau kembali ke tanah air, tukasnya.

Zarkasi Sudah Berangkat
Selain  Plt Gubernur yang berangkat menunaikan ibadah  haji, ada Unsur Pimpinan DPRD Provinsi Bengkulu, Ahmad Zarkasi SP  yang ditunjuk sebagai TPHD kloter 10. Ia kemarin  mulai berangkat menuju embarkasi Padang bersama 2 TPHD  laiinya yakni Yulkamra (pemuka agama) dan  Ramli Hamsyah Bahamin (kakak kandung Plt Gubernur).

Disela-sela pembagian boarding passs di asrama haji,  Zarkasi kepada wartawan menyamopaikan, jika ia telah mempersiapkan keberangkatanya ke tanah suci. Mulai persiapan rohani, fisik, mental dan kesehatan.  Keberangkatanya menjadi petugas TPHD merupakan kali keduanya setelah tahun 2007 lalu.
Dalam ibadah dan tugasnya itu, ia akan lebih fokus pada membantu para jemaah uzur  dalam berbagai hal baik itu saat  melaksanakan ibadah maupun saat berziarah nantinya.

Ia mengakui, keberangkatannya ke tanah suci  kali ini merupakan tantangan, karena ia harus meninggalkan istrinya yang tengah  hamil tua bersama  anak-anaknya.
“Saat ini saya sendiri, karena  istri saya tengah hamil.  Diharapkan saya sehat dan selamat dan setibanya  di tanah air karena akan ada  tamu baru dalam keluarga,” terangnya.

Sementara itu, dengan berangkat Zarkasi ke Tanah Suci, maka dari 4 unsur pimpinan di DPRD Provinsi, tinggal 2 orang yang aktif. Pasalnya Helmi Hasan tengah cuti  mengikuti pemilihan walikota dan Zarkasih bertugas ke tanah suci. “Untuk sementara yang mengemban tugas kepemimpinan di DPRD Provinsi dipegang penuh oleh  Pak Ketua Kurnia Utama  bersama dengan Emi Supiati,” ujar Zarkasi.(247)