15 Jam Listrik Padam Total

=FOTO 1: PERBAIKI=
IRUL/Bengkulu Ekspress
PERBAIKI: Petugas PLN Rayon Bintuhan saat berusaha memperbaiki jaringan dan tiang yang roboh akibat ditimpa pohon di Desa Pagar Dewa Kecamatan Tetap, Kamis (9/1).

Tiang Listrik Roboh Ditimpa Pohon

TETAP, Bengkulu Ekspress– Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Kaur, Rabu (8/1) malam, menyebabkan pohon tumbang di Desa Pagar Dewa Kecamatan Tetap dan dan menimpa kabel listrik. Akibatnya, tiang listrik yang terbuat dari cor beton itu roboh dan patah. Dan aliran listrik di empat desa, yakni Desa Babat, Kepayang, Tanjung Dalam dan Tanjung Agung, putus, hingga menyebabkan listrik di empat desa padam total selama 15 jam.



“Kejadian tiang listrik roboh itu tadi malam, ada pohon tumbang dan menimpa kabel listrik. Juga tiang listriknya juga ikut roboh,” kata Kepala Desa (Kades) Babat, Sirajudin Rusli kepada BE, kemarin (9/1).

Data terhimpun BE, tiang listrik itu ambruk ke badan jalan terjadi sekitar pukul 23.30 WIB di Desa Pagar Dewa. Tumbangnya tiang listrik ini ketika pohon yang berada di dekat tiang listrik itu roboh hingga mengenai kabel listrik dan menyebabkan tiang roboh. Mendapati aliran listrik mati mendadak itu, petugas PLN langsung melakukan pemeriksaan dan menelusuri informasi dimana terjadi kerusakan. Selang beberapa saat kemudian, titik kerusakan ditemukan di lokasi yang dimaksud. Dimana hasil pemeriksaan di lapangan satu buah tiang listrik roboh akibat ditimpa pohon. Akibat kejadian tersebut, PLN harus memadamkan aliran listrik untuk mengevakuasi tiang tersebut. Hingga berita ini diturunkan, perbaikan jaringan masih terus dilakukan petugas PLN.

“Pohon tumbang ini karena faktor cuaca dan untuk pohon roboh itu sudah kita evakuasi dan kita harap listrik ini dapat normal kembali karena sudah 15 jam lebih lampu mati,” ujarnya.

Sementara itu, GM PLN Rayon Bintuhan, Anggun Haryadi membenarkan jika listrik empat desa itu padam total karena tiang listrik roboh. Robohnya pohon yang menimpa kabel sehingga mematahkan tiang cor listrik. Menurut Anggun, ini sering terjadi apalagi memasuki musim penghujan, jaringan listrik sangat rawan terhadap gangguan ataupun lainnya.“Kita sangat berharap agar masyarakat cepat menyampaikan kepada petugas kita jika ada gangguan sekecil apapun terkait jaringan listrik di Kaur, dan untuk tiang listrik yang roboh kita sedang perbaiki,” terangnya. (618)