15 Desa Masuk Desa Wisata di BS

Drs H Yulian Fauzi MAP

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Kepala Dinas Pariwisata Bengkulu Selatan (BS), Drs H Yulian Fauzi MAP mengaku saat ini sudah menetapkan beberapa desa di BS yang memiliki potensi obyek wisata. Sehingga nantinya, pihaknya akan melakukan pembinaan untuk pengembangan potensi wisata di desa-desa tersebut.

“Kami sudah petakan, ada 15 desa kami jadikan desa wisata,” katanya.

Dikatakan Yulian Fauzi, ke -15 desa tersebut yakni desa Sukarami, Suka Maju, Muara Danau, Bumi Agung, Batu Ampar, Suka Jaya, Tumbuk Tebing, Ketaping, Pasar Pino, Gedung Agung, Kota Bumi, Air Tenam, Kayu Ajaran, Bandar Agung, Talang Tinggi. Ke-15 desa ini berpotensi adanya wisata alam, budaya dan ekonomi kreatif. Oleh karena itu, pihaknya berupaya melakukan optimalisasi pembinaan desa wisata. Pembinaan dilakukan meliputi aspek pengembangan destinasi, pengembangan industri kawasan desa wisata serta budaya.

“Desa-desa ini akan kami bina, agar bisa menjadi tujuan wisata di BS,” ujarnya.

Dijelaskan Yulian Fauzi, upaya yang dilakukan dengan memberikan bimbingan untuk upaya pengembangan pemasaran, penguatan struktur kelembagaan desa wisata agar bisa berbadan hukum. Dengan begitu nanti diharapkan potensi wisata di desa itu dapat dikelola secara maksimal.

“Kita berharap nantinya menjadi obyek wisata berbasis budaya lokal, dan mampu menggerakan perekonomian di desa tersebut, sehingga ke depan bisa tumbuh kembang dam mandiri,” terang Yulian Fauzi. (369)