15 Desa dan Kelurahan Jadi Percontohan

Kegiatan koordinasi dan sosialisasi pelayanan pendaftaran penduduk di kantor Disdukcapil Rejang Lebong Kamis (8/3) kemarin.
Kegiatan koordinasi dan sosialisasi pelayanan pendaftaran penduduk di kantor Disdukcapil Rejang Lebong Kamis (8/3) kemarin.

Program Administrasi Kependudukan

CURUP, Bengkulu Ekspress – Untuk mensuskseskan program tertib administrasi kependudukan di Kabupaten Rejang Lebong, pada tahun 2018 ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Rejang Lebong menetapkan 15 desa dan kelurahan di Kabupaten Rejang Lebong menjadi pilot projek atau percontohan dalam program administrasi kependudukan.

“Dalam mensukseskan program administrasi kependudukan, kita telah menetapkan 15 desa dan kelurahan untuk menjadi pilot project,” terang Kepala Disdukcapil Rejang Lebong, H Bakrim Hanafiah SH, disela-sela kegiatan koordinasi dan sosialisasi pelayanan pendaftaran penduduk di kantor Disdukcapil Rejang Lebong, Kamis (8/3) kemarin.

Menurut Bakrim, 15 desa dan kelurahan yang dijadikan percontohan tersebut berada di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong dengan rincian 5 kelurahan dan 10 desa.

15 desa dan kelurahan yang menjadi percontohan ini akan diberi pelatihan sehingga masyarakat bisa tertib administrasi kependudukan. salah satu upaya yang mereka lakukan untuk mensukseskan program adminsitrasi kependudukan tersebut yaitu dengan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi kemarin.

“15 desa dan kelurahan yang kita jadikan pilot project ini, nanti akan kita beri pelatihan, setelah itu mereka diharapkan bisa menularkan kemampuan mereka ke desa dan kelurahan lain dikecamatan masing-masing,” harap Bakrim.

Lebih lanjut Bakrim menjelaskan, selain untuk mensukseskan progam administrasi kependudukan, ke-15 desa dan kelurahan tersebut nantinya akan dilombakan siapa yang menjadi terbaik akan mewakili Kabupaten Rejang Lebong untuk dilombakan ke tingkat Provinsi Bengkulu pada peringatan HUT Provinsi Bengkulu tahun 2018 ini.

“Kita harap dengan adanya pilot project ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat kita untuk tertib administrasi kependudukan di Kabupaten Rejang Lebong ini,” harap Bakrim.

Kegiatan sosialisasi yang diikuti oleh pihak kecamatan dan perwakilan dari desa dan kelurahan kemarin, dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu, Muhammad Ikhwan SH MH. (251)