145 Rumah Terendam Banjir

Foto : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Hujan deras yang terjadi sekitar pukul 13.00 -18.00 WIB di wilayah Kota Bengkulu pada Senin (8/7) lalu mengakibatkan banjir. Berdasarkan data terhimpun Bengkulu Ekspress, setidaknya terdapat 145 rumah warga yang terendam banjir. Rumah tersebut berada di kawasan Penurunan, Lempuing, Perumahan Lingkar Barat, Perumahan Kemiling Permai, Karang Indah dan beberapa wilayah lain.

“Pada saat intensitas curah hujan tinggi, saya sudah kerahkan seluruh anggota untuk memantau sejumlah wilayah yang berpotensi banjir,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu, Selupati SH, kemarin (9/7).

Adapun ketinggian air kurang lebih 1,5 meter dengan kisaran bangunan rumah terdampak antara lain, 25 rumah di Jalan Aren (depan Polda, Keluarahan Cempaka Permai), kemudian 50 rumah di Jalan Akasia (Kelurahan Pagar Dewa dan Telaga Dewa), kemudian 50 rumah di Villa Taman Surya 2 (kawasan Lapangan Golf) dan 20 rumah di jalan Bumi Ayu 6.

Sementara itu, juga terdapat beberapa wilayah lain di Kota Bengkulu dengan ketinggian kurang lebih 0,5 meter. Dalam proses penanggulangan bencana dilakukan langsung oleh BPBD beserta elemen dan institusi antara lain Basarnas, Damkar, TNI Polri, Tagana, Dinsos dan PMI.

“Kami bersama pihak terkait lainnya pada saat kejadian sudah turun ke lapangan dan sudah dilakukan juga evakuasi terhadap beberapa warga terdampak, dan tidak ada korban jiwa dalam kasus ini,” ungkap Selupati.

Sementara itu, sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini. Warga Bengkulu diminta waspada akan potensi hujan sedang-lebat disertai petir dan angin kencang. Hujan diprediksi terjadi di wilayah Mukomuko, Bengkulu Utara, Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Seluma, Bengkulu Selatan dan Enggano.

Perkiraan gelombang laut tinggi sampai dengan 3 Meter di perairan Bengkulu – Enggano dan sampai dengan 3,5 M diperairan Samudera Hindia, Barat Bengkulu.Hujan badai yang melanda Kota Bengkulu sendiri mengandung kelembaban relatif 91 -95%. Kecepatan hembusan angin mencapai 11 km/jam dengan suhu air 29 derajat celcius.”Kita minta warga untuk tetap tenang dan waspada,” sampai Selupati.

Sementara itu, Kadis Sosial Kota Bengkulu, Ir Syahrul Tamzie mengaku sudah turun ke beberapa titik banjir bersama tim Tagana. “Kita sedang memantau banjir, bantuan sudah kita salurkan ke beberapa titik banjir. Tapi jika beberapa hari kedepan kembali hujan dan menyebabkan kondisi darurat yang maka bantuan logistik akan segera disalurkan kembali,” katanya. (805)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*