14 Titik Bakal Dipasang Internet

foto: Asman Suhadi

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 14 titik wilayah Kabupaten Kaur, tahun 2019 ini bakal dipasangi internet. Program internet gratis Pemkab Kaur melalui Dinas Kominfo Stastistik dan Persandian Kaur ini tidak hanya menyasar tempat umum, namun juga sampai ke pelosok-pelosok desa. Namun yang menjadi prioritas adalah tempat-tempat publik dan sekolah.

“Ya ada 14 titik tempat publik dan sekolah-sekolah tingkat SMP yang akan kita pasang internet gratis ini, dan ini merupakan bantuan dari Kementerian Komunikasi,” kata Plt Kepala Dinas Kominfo Stastistik dan Persandian Kaur, Asman Suhadi SP, kemarin (20/8).

Dikatakan Asman, program internet gratis ini merupakan bantuan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Balai Penyediaan dan Pengeloa Pembiyaaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI). Dimana untuk tempat-tempat yang akan dipasang internet gratis nanti masih akan disurvei terlebih dahulu. Sebab pemasangan sambungan internet ini harus melalui beberapa syarat yang mesti dipenuhi. Salah satunya, layanan tersebut dipasang pada tempat yang biasa diakses warga. Misalnya, kantor desa, sekolah, pesantren dan Puskesmas. Pihaknya pun harus meninjau beberapa aspek yang perlu diperhatikan terkait pemasangan sambungan internet gratis tersebut. Mengingat, salah satu syaratnya harus ada koneksi listrik. Selain itu, juga harus memenuhi aspek keamanan dari alat.



“Yang jelas akan kita prioritaskan sekolah-sekolah, karena ini juga untuk membantu pihak sekolah dalam menyelengarakan UNBK, dan bantuan ini merupakan usulan kita tahun 2017 lalu,” terang Asman.

Ditambahkannya, bahwa pemasangan internet gratis ini sebagai bagian dari program pemerintah pusat. Dengan adanya internet ini nanti diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik yang diberikan pemerintah kepada masyarakat, mempercepat reformasi birokrasi dan mempermudah pengawasan masyarakat terhadap pembangunan yang dilakukan Pemerintah. “Kaur salah satu kabupaten yang sedang menerapkan smart city dengan upaya menyiapkan sarana dan prasarana penunjang guna lebih mudahnya terjadi interaksi antara masyarakat dengan pemerintah secara digital, dan juga ini agar masyarakat mendapat internet gratis dengan kecepatan yang bagus,” tandasnya. (618)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*