14 SKPD Belum Lengkapi Anjab

ARGA MAKMUR, BE – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara sudah meminta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk melengkapi berkas Analisis Jabatan (Anjab). Namun kenyataanya, saat ini ada 14 SKPD yang belum menyerahkan berkas Anjab yang diminta pemerintah daerah. Padahal, data itu sangat penting untuk mengetahui

kekurangan pegawai yang ada. ” Waktu yang diberikan pemerintah daerah sejak enam bulan lalu. Namun ternyata masih banyak SKPD yang belum menyerahkan data Anjab di instansinya, ” kata Asisten III Pemkab BU, Muzakir Hamidi SSos MM saat memimpin rapat di ruang pola, kemarin (22/10).

Selain itu, walaupun ada berkas yang diserahkan ternyata masih ada yang belum lengkap. Sehingga bagian organisasi tata laksana (Ortala) akan melakukan pengecekan. Data Anjab itu untuk tupoksi masing-masing jabatan yang ada sesuai  penataan atau perencanaan manajemen kelembagaan SKPD terkait. ” Jika tidak mengerti, harusnya bertanya. Akibatnya data yang diminta belum juga diserahkan, ” jelas Muzakir.

Dalam rapat  itu, digelar sesi tanya jawab mengenai kejelasan dan keluhan masing-masing SKPD. Sesuai fungsinya Anjab ini memiliki tugas penting untuk menganalisa sebuah kondisi kerja di wilayah SKPD-nya. Sehingga melalui gambaran yang dibuat dapat memberikan informasi mendasar tentang jabatan dalam organisasi, sumber daya aparatur, kelembagaan, serta perencanaan dan pendidikan yang diperlukan, termasuk untuk menyusun kebutuhan formasi pegawai.

Sementara hasil keputusan rapat kemarin bahwasannya 31 Oktober merupakan deadline ke 14 SKPD yang belummenyerahkan blanko secara lengkap dan akurat. ” Format sudah kami sampaikan dan deadline harusnya bulan Juli lalu namun SKPD belum ada ketegasan,” tambah Kabag Ortala, H Fitriansyah, SSTp MM.

Kecamatan Air Napal dan Kelurahan Purwodadi yang termasuk instansi belum menyerahkan data Anjab mengaku sudah menyerahkan data yang dimaksud. Namun demikian, pemerintah daerah akan melakukan cros cek terlebih dahulu mengenai hal itu. (117)

SKPD Yang Belum Menyerahkan Data Anjab :

1. Dinas PU
2. Dinaspendidikan dan kebudayaan
3. Dinas perindustrian dan perdagangan
4. Dinas tenaga kerja dan transmigrasi
5. Badan Ketahann pangan
6. RSUD
7. Dinas Perpustakaan daerah
8.  Dinas Kesbanpol
9. Kecamatan Air Padang
10. Hulu Palik
11. Giri Mulya
12. Enggano
13. KelurahanGunung Alam
14. Keluarahan Lais