137 Peserta Ikuti Tes PPK

Peserta tes PPK melaksanakan ujian tertulis di GOR Tebat Monok Kepahiang kemarinKEPAHIANG, BE – Sebanyak 137 peserta kemarin mengikuti pelaksanaan tes tertulis calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kepahiang. Peserta tes ini merupakan peserta yang telah dinyatakan lulus dalam seleksi administrasi yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelumnya.

“Pelaksanaan tes ini serentak bagi calon PPK se-Indonesia. Untuk Kabupaten Kepahiang dari sebanyak 137 jumlah calon PPK itu, yang bakal diambil hanya 80 orang saja,” ujar Sekretaris KPU Kepahiang, Martoni SPd kepada BE, kemarin.

Dikatakannya, setiap kecamatan nantinya bakal diisi oleh sebanyak 10 orang PPK. Karena jumlah kecamatan di Kepahiang sebanyak 8 kecamatan, maka jumlah keseluruhan PPK yakni sebayak 80 orang.

“Pelaksanaan tes PPK ini soal-soalnya langsung didistribusikan dari KPU pusat,” jelasnya.
Sementara itu, soal isu miring pelaksanaan perekrutan anggota PPK di Kepahiang yang berdasarkan informasi untuk dapat lulus, peserta harus setor kepada orang dalam lembaga tersebut sebesar Rp 2 juta, ditepis KKPU.

“Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, isu itu hanya sengaja dilemparkan oknum ke publik yang tujuannya untuk mengeruhkan proses penjaringan yang sekarang ini tengah kami lakukan. Tapi yakinlah, apa yang kami lakukan saat ini sudah berjalan dengan aturan dan mekanisme yang ada,” jelas Martoni.

Dijelaskannya, pihaknya akan selektif dalam melakukan penjaringan calon PPK tersebut. Karena anggota PPK merupakan suatu tolak ukur dalam tercapainya sistem pemilu yang jurdil. “Peran PPK maupun PPS sangat vital dalam pemilu. Sehingga kita dari KPU tidak main-main soal pencaringan calon ini,” tandasnya. (505)