136 Kasus DBD di BS

Siswanto SSos MSi

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan (BS), Siswanto SSos MSi mengatakan saat Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) makin marak. Sebab warga yang terserang DBD semakin banyak.

“Sejauh ini belum korban jiwaz namun warga terserang DBD sudah ratusan orang,” katanya.

Dikatakan Siswanto, terhitung sejak minggu kedua Oktober 2020, sudah tercatat 136 kasus. Banyaknya penyidap DBD di BS saat ini lantaran banyaknya genangan air. Hal ini disebabkan karena saat ini sedang musim penghujan. Sehingga nyamuk aedes aegypti dengan mudah menularkannya kepada warga. Terhadap warga yang terserang DBD, Siswanto mengaku saat ini rutin menggelar fogging di lingkungan tempat tinggal yang bersangkutan.

“Kita saat ini rutin menggelar fogging,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi bertambahnya warga yang terserang DBD, Siswanto mengimbau kepada masyarakat untuk menjalankan program 3M plus yakni Menguras, Menutup dan Mengubur ditambah gunakan obat nyamuk anti nyamuk dan kelambu. Dirinya optimis warga yang menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan menerapkan program 3M plus tentunya dapat menghindarkan DBD. Sebab nyamuk penyebab DBD akan menyerang ketika terjadi usai turun hujan. Sebab nyamuk gampang berkembang biak baik di air bersih di tempat penampungan atau genangan air di sekitar perkarangan dan juga di tempat-tempat kotor lainnya.

“Mari kita selalu terapkan program 3D Plus agar kita terhindar dari penyakit terutama DBD di musim penghujan saat ini,” imbau Siswanto. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*