133 Pelamar Bersaing

EKO/Bengkulu Ekspress Pegawai BKD Provinsi Bengkulu menerima berkas pendaftaran calon peserta seleksi eselon II pada hari terakhir, Selasa (12/3).

Pendaftaran Eselon II
Pemprov Ditutup

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Panitia Seleksi (Pansel) resmi menutup pendaftaran seleksi pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu, kemarin (12/3).  Setidaknya ada 133 pelamar yang akan memperebutkan 17 jabatan eselon II yang saat ini diisi pelaksana tugas (Plt) tersebut.  Untuk diketahui, jumlah pendaftar secara online mencapai 175 orang.

Pendaftar yang memilih formasi/jabatan sebanyak 149 pendaftar (2 diantaranya tidak mencantumkan nama) sehingga pendaftar yang teregistrasi sebanyak 147 orang. Sampai dengan penutupan pengembalian berkas pukul 18.00 WIB sore kemarin, peserta yang memasukkan berkas lamaran sebanyak 133 pelamar dan pelamar yang tidak memasukkan berkas lamaran sebanyak 14 orang.  Anggota Pansel Eselon II Pemprov Bengkulu, Ir Hj Diah Irianti MSi mengatakan, dengan ditutupkan pendaftaran, maka tahapan selanjutnya yakni Pansel memverifikasi berkas pelamar untuk memastikan kelengkapannya.

“Sudah kita tutup pendaftaran dan berlajut ke tahap verifikasi,” terang Diah kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (12/3).

Diah menuturkan, untuk melakukan verifikasi tidak membutuhkan waktu lama, sekitar 1 hari selesai. Sebab, sebelumnya berkas tersebut juga sudah mulai diverifikasi terlebih dahulu. Jika semua sudah diverifikasi, maka Pansel akan menetapkan peserta yang lulus seleksi administrasi melalui rapat pleno.



“Verifikasi dan pleno cukup satu hari,” ujarnya.

Dalam verifikasi tersebut, Pansel memastikan berkas pelamar yang tidak lengkap maka akan secara otomatis digugurkan. Mengingat, aturan seleksi yang dibuat oleh Pansel jika tidak berkas tidak lengkap tidak ada sesi perbaikan.  “Ya kalau tidak lengkap langsung gugur. Aturannya sudah ada,” tambah Diah.  Setelah pleno, Pansel akan melanjutkan ketahap selanjutnya, yaitu penelusuran rekam jejak, integritas dan moralitas peserta seleksi.  Penelusuran rekam jejak jabatan, integritas dan moralitas dilakukan selama 1 hari yaitu tanggal 13 Maret.

Sementara pada tanggal 14 Maret, Pansel akan mengumumkan siapa saja yang mendapatkan catatan dari masyarakat. “Kita minta jika ada masyarakat memiliki data pejabat yang daftar itu bermasalah, maka silakan untuk melaporkan. Karena itu akan menjadi pertimbangan bagi kami,” paparnya.  Setelah selesai, maka tahapan selanjutnya adalah penulisan makalah, assessment dan wawancara akhir.  Pansel menargetkan semua selesai pada 18 Maret mendatang. Sehingga bulan April peserta yang lulus bisa dilantik oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.  “April sudah selesai semua dan sudah dilantik,” pungkas Diah. (151)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*