13 Ribu Ha Ditanam Jagung September

Sukarni Dunip SP MSi
Sukarni Dunip SP MSi

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Pemda Bengkulu Selatan (BS) terus berupaya menjadikan Bengkulu Selatan juga sentra jagung terus menggeliat. Bahkan dalam waktu dekat belasan ribu hektar lahan siap ditanami jagung.

“ Kami menargetkan Setember ini ada 13 ribu hektar lahan ditanami jagung,” kata Kepala Dinas Pertanian Bengkulu Selatan, Sukarni Dunip SP MSi.

Sukarni mengatakan, tahap pertama ada 7 ribu hektar lahan, kemudian tahap kedua 6 ribu hektar. Sukarni memastikan September nanti bantuan sosial bibit jagung dari Kementerian Pertanian segera tiba di Bengkulu Selatan. Setiap hektar akan menerima bibit jagung sebanyak 15 kg.“ Bantuan bibit yang akan tiba sebanyak 195 ribu ton,” ujarnya.

Setelah tiba, sambung Sukarni bibit tersebut langsung disalurkan ke petani. Kemudian petani dapat langsung menanamnya ke lahan mereka masing-masing.  “ Kami menargetkan Desember nanti ke-13 ribu lahan kebun jagung tersebut sudah panen,” imbuhnya.



Adapun saat ini kebun jagung luncuran seribu hektar sebelumnya, saat ini sebagian sudah panen. Dirinya memperkirakan sudah ada sekitar 400 hingga 500 hektar yang sudah panen. Sisanya diperkirakan akan panen dalam waktu dekat ini. Sukarni memastikan, produksi jagung di Bengkulu Selatan sangat bagus.

Dari lahan yang sudah panen, setiap hektarnya minimal berproduksi 5 ton, bahkan ada hingga 7 sampai 8 ton per hektar. “ Mudah-mudahan bertani jagung ini menjadi solusi bagi petani untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” demikian Sukarni. (369)