13 Program Strategis Pemprov 2015

BENGKULU, BE – Pemerintah Provinsi Bengkulu kembali mendapatkan sejumlah program pembangunan yang akan dilaksanakan 2015 mendatang. Berdasarkan hasil pertemuan gubernur se-Sumatera di Padang, Sumbar pada Jumat (29/8) lalu, setidaknya ada 13 program strategis Provinsi Bengkulu, yakni pertama, Pelurusan Jalan Lubuklinggau sepanjang 125 Km.
Pembangunan jalan ini dalam rangka peningkatan dan pembangunan jalan lintas barat Sumatera koneksitas sentra produksi mendukung MP3EI. Kedua, peningkatan jalan akses Pelabuhan Pulau Baai sepanjang 5,3 km. Pembangunan jalan ini sendiri sudah dimulai sejak 2013 dan akan dilanjutkan tahun depan.
Ketiga, pembangunan sarana dan prasarana pemanfaatan limbah PLTA Musi (SPAM regional), keempat, peningkatan dan pembangunan jalan lintas barat yang rawan bencana abrasi Bengkulu-Sumbar dan Bengkulu-Batas Lampung. Kelima, pembangunan infrastruktur jalan Bengkulu Outer Ring Road, ruas simpang Nakau-Air Sebakul sepanjang 6,3 Km.
“Pembangunan Outer Ring Road ini masih terkendala izin yang belum dikeluarkan oleh Menteri Kehutanan,” kata Gubernur, H Junaidi Hamsyah, kemarin.
Program strategis keenam adalah pembangunan jaringan kereta api Bengkulu-Linau-Muara Enim dan Bengkulu-Sumbar, ketujuh, pembangunan jalan bebas hambatan Bengkulu-Lubuk Linggau, ke delapan, penanganan abrasi pantai dan sungai di sepanjang jalan lintas barat Sumatera di Provinsi Bengkulu.  Empat program lainnya adalah pengembangan sarana dan prasarana Bandara Fatmawati dan Pelabuhah Pulau Baai, pengembangan pulau Enggano (listrik, dermaga pelabuhan dan Bandara perintis), pembangunan rumah sakit evakuasi dan bagi hasil CPO semua yang didukung oleh semua gubernur se-Sumatera.
“Dari beberapa program strategis itu, beberapa diantaranya langsung diakomodir,” ungkap Junaidi.
Beberapa program yang disetujui itu yakni lanjutan pembangunan jalan Bengkulu-Lubuklinggau, pembangunan SPAM regional akan MuO dalam waktu dekat,  pembangunan terminal Bandara Fatmawati sesuai dengan janji HPN sebesar Rp 70 miliar.
“Perbaikan jalan Bengkulu – Sumbar dan Bengkulu – Lampung secara bertahap, pengembangan Pelabuhan pulau Baai, Railway Bengkulu – Muara Enim akan segera digerakkan bila mana konsorsiumnya sudah valid  dan Pembangunan Akademi Komunitas juga disetujui,” terangnya. (400)