13 Pejabat, Eselon II Dirotasi

YouTube video

CURUP, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong kembali menggelar kegiatan rotasi, mutasi dan promosi jabatan terhadap pejabat struktural yang ada di Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong. Dalam pelantikan yang dilaksanakan di Ruang Pola Pemkab Rejang Lebong Rabu (27/3) kemarin ada 13 pejabat eselon II yang dirotasi. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan terhadap pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Rejang Lebong H Iqbal Bastari SPd MM.

Selain pejabat eselon II dalam kegiatan tersebut terdapat puluhan pejabat eselon III dan IV yang dirotasi dan mendapat promosi jabatan. Pejabat eselon II yang dirotasi tersebut adalah Drs Muradi yang sebelumnya menjabat Kepala DP3A PPKB saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatatan Sipil Kabupaten Rejang Lebong. Kemudian Tarsisius Samuji SPd yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan saat ini menjabat Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan.

Kemudian Ir Afnisardi MM yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kabupaten Rejang Lebong, saat ini menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Rejang Lebong. Kemudian Drs Noprianto yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga saat ini dijabat oleh Khirdes Lapendo Pasju SSTP MSi yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Kemudian Zulkarnain SE yang sebelumnya menjabat asisten administrasi perekonomian dan pembangunan saat ini menjabat sebagai Kepala DPM PTSP Kabupaten Rejang Lebong. Upik Zumratul Aini yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum saat ini menjabat Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong.

Sedangkan Drs Darmansyah MM, yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pariwisata saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup. Kemudian Benny Irawan yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Rejang Lebong saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Perdagangan Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Rejang Lebong.

Selanjutnya Gunawan Firmansyah SSos yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan. Selanjutnya Ir Amran yang sebelumnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup saat ini menjadi Kepala Badan Ketahanan Pangan.

Sementara itu, untuk Edi Ansori SE yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan saat ini menjabat sebagai staf ahli bupati bidang pemerintahan hukum dan politik begitu juga dengan Henny Kurniati SE MM yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian saat ini menjabat sebagai staf ahli bupati bidang perekonomian, pembangunan dan keuangan.

Usai melantik pejabat struktural di Pemerintahan Kabupaten Rejang Lebong tersebut, Wakil Bupati Rejang Lebong H Iqbal Bastari SPd MM mengungkapkan bahwa rotasi, mutasi dan promosi adalah hal yang lumrah dalam organisasi. Karena menurutnya hal tersebut merupakan bagian dari kebutuhan organisasi baik untuk penyegaran maupun kebutuhan jabatan yang kosong.

“Sehingga masalah rotasi, mutasi dan promosi ini adalah sesuai dengan kebutuhan bukan masalah seberapa sering kita lakukan,” papar Wabup.



Kemudian menurut Wabup, rotasi, mutasi dan promosi sendiri, sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong sesuai dengan peraturan yang berlaku, bahkan menurutnya sebelum dilakukan rotasi kemarin Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong telah lebih dahulu melakukan uji kelayakan melalui kegiatan job fit yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong beberapa waktu lalu.

“Ini juga merupakan bagian dari dinamisasi, harmonisasi dan sinkronisasi sehingga kedepannya bisa berjalan dengan baik,” paparnya.

Sementara itu, terkait dengan ada beberapa posisi kepala dinas yang kosong pasca dilakukan pelantikan kemarin seperti Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, serta Kepala DP3A PPKB, menurut Wabup akan diambil alih oleh sekretaris dinas atau badan terlebih dahulu sebelum ada yang ditunjuk Plt atau sebelum ditetapkan kepala dinas atau badan yang definitif. “Untuk posisi kepala dinas yang kosong, fungsi kepala dinas akan dihandle oleh Sekretarisnya terlebih dahulu,” demikian Wabup. (251)