13 Koptan Mukomuko Selesai Bangun 17 Pintu Air

MUKOMUKO, bengkuluekspress.com – Sebanyak 13 kelompok tani (Koptan) yang mendapatkan kegiatan pembangunan sebanyak 17 pintu air tahun 2020 ini, telah menyelesaikan pekerjaan pembangunan fisik sarana pertanian tersebut.
“Pembangunan 17 pintu air yang dilakukan 13 Koptan sudah rampung dikerjakan,” sampai Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Junaidi melalui Kasi Sarana dan Prasarana, Dodi Hardiansyah.

Belasan kelompok tani yang tersebar di Kecamatan Lubuk Pinang dan Kecamatan XIV Koto itu, dan mendapatkan kegiatan pembangunan pintu air yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) cadangan. Anggaran untuk pembangunan sebanyak 17 pintu air untuk petani itu masing-masing Rp 28,5 juta yang bersumber dari DAK cadangan tahun ini. Meskipun belasan kelompok tani di daerah ini sampai saat ini baru menerima penyaluran dana tahap pertama sebesar 60 persen, namun petani bisa menyelesaikan pekerjaan pembangunannya 100, karena petani berutang kepada berbagai pihak untuk menyelesaikan pekerjaannya. Selanjutnya, ia menargetkan, pencairan dana pembangunan sebanyak 17 pintu air tahap kedua sebesar 40 persen pada pertengahan bulan November 2020.

Kegiatan pembangunan sebanyak 17 pintu air dilaksanakan di dua kecamatan yang menjadi sentra tanaman padi di daerah ini yakni Kecamatan Lubuk Pinang dan XIV Koto.
Dari 17 pintu air tersebut, sebanyak 9 pintu air dibangun di Kecamatan Lubuk Pinang dan 8 pintu air dibangun di Kecamatan XIV Koto.
Tujuan pembangunan pintu air ini tidak lain untuk memaksimalkan pengaturan air karena dengan adanya pintu dapat memaksimalkan penyaluran air ke petak persawahan petani. (900)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*