13 Gepeng Diamankan

Petugas mengamankan gepeng
Petugas mengamankan gepeng di wilayah Kota Bengkulu

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Dinas Sosial Kota Bengkulu dibantu petugas Satpol PP menggelar razia gembel dan pengemis (Gepeng) di wilayah kota Bengkulu, Kamis (19/01/2016). Sebanyak delapan orang Gepeng diamankan dari sejumlah tempat yang berbeda, diantaranya Simpang Sukamerindu, Simpang Lima Ratu Samban, Simpang SKIP, Simpang Padang Harapan dan Simpang KM 8 Kota Bengkulu.

Petugas berhasil mengamankan 13 orang Gepeng. Sembilan orang wanita dan empat orang Pria. Mereka berasal dari Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu.

Menariknya dari 13 Gepeng yang diamankan ada satu anak dibawah umur, RZ 11 tahun.

Salah seorang pengemis wanita paruh baya sempat histeris. Ia menolak diangkut oleh petugas yang ingin membawanya ke mobil.

Plt Kepala Dinas Sosial Kota Bengkulu, Syahrul Tamzie mengatakan, gepeng yang diamankan akan ditempatkan di Panti Sosial Bina Laras Dharmaguna milik Kementerian Sosial RI. Mereka akan diberikan pembinaan.

“Kita koordinasikan dengan Dinas Sosial Provinsi agar para Gepeng diberikan pelatihan di Panti Sosial,” ujar Syahrul.

Pemberian pelatihan dimaksudkan agar para gepeng tidak kembali turun ke jalan dan dapat memperoleh pekerjaan yang layak.

“Kita berharap mereka tidak lagi turun kejalan karena dapat menganggu ketertiban lalu lintas,” ucapnya. (Dil)