13 Dokter Magang Mengabdi di Lebong

TUBEI, BE – Sebanyak 13 dokter yang mengikuti program internhensip atau magang akan mengabdikan dirinya di Kabupaten Lebong selama kurang lebih 1 tahun.

Adapun 13 dokter yang terdiri dari 9 perempuan dan 4 laki-laki tersebut merupakan dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Universitas Trisakti Jakarta.

Kedatangan 13 dokter tersebut langsung disambut oleh Bupati Lebong H Rosjonsyah SIp MSi Senin (12/11) kemarin bersama Sekkab Lebong Drs H Arbain Amaludin, Kepala BKD Lebong HM Ali A Hadi SH dan Kepala Dinas Kesehatan Lebong dr H Iwan Suwarsa MKes di Kantor Bupati Lebong.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Kesehatan atas dilaksanakannya program tersebut. Karena dengan adanya program tersebut, tentunya akan membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Lebong.

Apalagi jika melihat jumlah para dokter di Lebong saat ini masih sangat minim. “Semoga para dokter tersebut dalam satu tahun ini dapat dengan serius mengabdikan dirinya di Kabupaten Lebong,” ujar Bupati.
Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong dr H Iwan Suwarsa MKes mengatakan, jika para dokter tersebut akan ditempatkan di dua lokasi yakni RSUD Ujung Tanjung dan Puskesmas Muara Aman.

Penempatan para dokter tersebut ini sebagai syarat yang harus dipenuhi oleh seorang dokter sebelum membuka praktik dokter nantinya. “Ini merupakan syarat wajib dan ada aturan dari Council Kedokteran Indonesia yang mengharuskan penempatan dokter magang sebelum mereka dapat membuka izin prakteknya masing-masing. Selain itu, selama kurang lebih setahun ke depan para dokter ini akan melakukan tugasnya sebagaimana dokter pada umumnya melayani masyarakat,” kata Iwan.

Ditambahkannya, adapun tujuan dari progam tersebut yakni dalam rangka memberikan kesempatan kepada dokter yang baru lulus dari pendidikan kedokteran untuk memahirkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan dalam pelayanan primer dengan pendekatan kedokteran keluarga. “Para dokter ini terhitung mulai dari tanggal 6 November 2012 hingga Oktober 2013 mendatang akan mengabdikan dirinya sebagai seorang dokter di Kabupaten Lebong. Mudah-mudahan mereka dapat melayani masyarakat Kabupaten Lebong dalam hal pelayanan kesehatan,” pungkas Iwan.(777)