13.487 Warga Diserang Ispa

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Sepanjang tahun 2017 lalu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mukomuko mencatat sebanyak 13.487 warga diserang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (Ispa). Jumlah tersebut mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yang mencapai 14.844 orang.

“Belasan ribu warga yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini terserang Ispa,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Junharto, SKM.

Dari belasan kecamatan, warga yang terbanyak terserang Ispa ada di wilayah Kecamatan Ipuh sebanyak 2.192 orang dan paling sedikit di Kecamatan Selagan Raya mencapai 2.004 orang.

Selebihnya terbagi di belasan kecamatan lainnya. Penyakit tersebut di sebabkan beberapa faktor, yakni faktor lingkungan yang tidak bersih, cuaca ekstrem dan penyebab dari asap pabrik.

Untuk menekan angka penyakit Ispa di tahun 2018 ini, kata Junharto, selain pihaknya akan lebih maksimal melalui Puskesmas rutin memberikan penyuluhan dan sosialisasi tentang cara menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit kepada warga setempat. Namun hal tersebut juga harus diimbangi dengan masyarakat lebih menyadari pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar agar terhindar dari berbagai penyakit, termasuk Ispa. Serta warga juga harus menjaga pola makan agar ketahanan terhadap berbagai penyakit yang bisa saja kapanpun dapat menyerang.

“Masyarakat juga harus tetap hidup bersih dan menjaga pola makan agar kesehatan tetap terjaga,” ungkapnya. (900)