126 Kendaraan Siap Angkut Tamu HPN

RIO-PEMERIKSAAN KELAYAKAN MOBIL&BUS ARMADA HPN (2)BENGKULU, BE – Panitia peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang dimulai hari ini (1/2) hingga 10 Februari mendatang telah menyiapkan sedikitnya 126 kendaraan yang siap mengangkut tamu HPN yang berasal dari luar Provinsi Bengkulu. Kemarin sore, Bidang Pelayanan Darat Dinas perhubungan, Komunikasi dan Informasi Provinsi Bengkulu melakukan pengecekan kelaikan kendaraan tersebut.
Dari hasil pemeriksaan, petugas menemukan beberapa kendaraan yang perlu dilakukan penggantian ban dan penambahan pengharum dalam mobuil. Dan petugas pun meminta pemiliknya untuk menggantikan dengan ban baru sebelum mengangkut tamu HPN yang mulai berdatangan hari ini.
Kepala Bidang Pelayanan Darat Dishubkominfo  Provinsi Bengkulu, Ir M Amudin Syukri mengatakan kendaraan itu terdiri dari 4 jenis, yakni kelas Fortuner/Pajero Sport, Kijang Innova, Xenia/Avanza dan bus exekutif.
“Jumlah totalnya ada 126 unit yang terdiri dari Fortuner/Pajero Sport sebanyak 20 unit, Kijang Innova 64 unit, Xenia/avanza 35 unit dan bus yang berkapasitas 50 penumpang sebanyak 10 unit,” kata Amudin Syukri di sela-sela pengecekan kendaraan.
Pembagiannya, lanjutnya, para menteri disiapkan mobil Fortuner atau Pajero Sport, para gubernur menaiki Kijang Innova dan para wartawan dari berbagai provinsi akan menaiki mobil Xenia/Avanza dan bus yang lengkap dengan sopirnya.
Ia mengungkapkan, semua kendaraan itu dibawah naungan PT Siliwangi Antar Nusa (SAN) Putra Sejahtera selaku pemenang tender, dan kendaraan itu pun akan standby di loket PO SAN  di Jalan MT Haryono, Kampung Bali, Kota Bengkulu sebelum diminta oleh masing-masing SKPD untuk menjemput tamu yang menjadi tanggungjawabnya masing-masing.
“126 kendaraan itu mampu mengantarkan lebih dari 1000 orang tamu HPN,” imbuhnya.

Siap Berikan Pelayanan Terbaik
Sementara itu, Direktur PT SAN, Kurnia Lesandri Adnan mengungkapkan, pihaknya siap memberikan pelayanan terbaik terhadap tamu HPN yang datang dari berbagai daerah tersebut.
Ia juga mengatakan semua kendaraan sudah diperiksa dan semuanya dinyatakan memenuhi standar kelaikan untuk dikendarai dengan membawa penumpang.
“Mobil tidak ada masalah, sebelumnya juga sudah di cek oleh pihak Dishubkominfo,” katanya.
Selain itu, Kurnia juga mengaku siap menambah armada bila dibutuhkan. Sedangkan jumlah yang disediakan pihaknya saat ini sesuai dengan hasil lelang yang dilakukan melalui ULP Provinsi Bengkulu baru-baru ini.
Disinggung mengenai harga, Kurnia mengaku ia sudah memberikan harga terbaik dan terjangkau yang sudah include dengan gaji sopir dan bahan bakar minyak (BBM) kendaraan tersebut.
“Kurang etis kalau disebutkan nilai kontraknya, yang jelas kami sudah memberikan harga terbaik,” elaknya.
Terkait rute perjalanan yang menjadi tanggungjawab PT SAN, Kurnia mengaku sesuai dengan rute atau rangkaian kegiatan HPN, seperti melakukan antar jemput peserta dari bandara, antar jemput hotel dan ke lokasi HPN.

Sopir Diminta Beretika
Setelah pengecekaan kendaraan itu selesai, Wakil Kepala Kepolisian Daerah Bengkulu, Kombes Pol Adnas meminta para sopir kendaraan tersebut untuk menjaga etika, seperti berpakaian rapai, rambut tidak gondrong, menggunakan sepatu yang layak dan menjaga sopan santun.
“Para sopir itu kan salah orang yang melayani para tamu tersebut, jika pelayanan tamu kurang baik, dikhawatir mereka akan menilai Bengkulu ini kurang baik. Untuk menghindari kejadian itu lah wakapolda memberikan pengarahannya,” ujar Amudin.
Selain itu, lanjutnya, wakapolda juga meminta para sopir untuk tidak terlibat dalam perkapan tamu, kecuali bila ditanya dan diajak berbicara oleh tamu yang dibawanya itu.
“Para sopir memang dituntut ramah, tapi tidak mencampuri pembicaraan tamu,” tambahnya.
Tidak hanya itu, Wakapolda juga ingin memastikan bahwa para sopir tersebut hapal jalan atau beberapa tempat yang bersejarah dalam Kota Bengkulu. Itu bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada tamu apabila ditanya atau tamu tersebut meminta mengantarnya ke suatu tempat.
“Pak wakpolda berpesan, jangan sampai tidak hapal jalan dan tidak tahu alamat beberapa tempat, seperti persada Bung Karno, rumah Fatmawati, Danau Dendam Tak Sudah, dan beberapa tempat lainnya,” tutup Amudin.

Pagi Ini Jalan Santai
Sementara itu, Seksi doorprize jalan santai, Drs Sanuludin mengungkapkan, pagi ini pukul 06.30 WIB digelar jalan santai sebagai pembukaan rangkaian kegiatan HPN 2014 tersebut.
Jalan santai ini dipusatkan di Sport Center Pantai Panjang Kota Bengkulu yang akan di lepas langsung oleh Gubernur Bengkulu, H Junaidi Hamsyah. Jalan santai ini sendiri memperebutkan hadiah utama berupa 1 unit mobil Agya persembahan Bank Bengkulu. Selain itu, jalan santai ini juga mempersembahkan 5 unit sepeda motor, 6 unit sepeda  dan berbagaidoorprize lainnya yang dipersembahkan oleh berbagai sponsor.
“Hadiahnya cukup banyak, sekitar 150 buah lebih,” ucapnya.
Adapun rute yang dilewati, yakni Sport Centre – BIM – Penurunan – Hotel Horizon dan kembali lagi ke Sport Center. Untuk mendapatkan hadiahnya, peserta bisa menguntingkan kuponnya yang terdapat di koran Bengkulu Ekspress dan masukkan ke dalam kotak undian yang telah disiapkan oleh panitia.(400)