125 Koperasi Vakum di Kaur Bakal Dibubarkan

Kepala Diskoperindag Kaur Agusman Efendi SE MSi

BINTUHAN,BE – Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan UKM (Diskoperindag) Kabupaten Kaur, mencatat ada sebanyak 125 unit koperasi di wilayah Kabupaten Kaur, saat ini sudah vakum. Tidak aktif lagi dalam menjalankan usahanya. Koperasi yang sudah vakum ini rencananya bakal dibubarkan pemerintah.

“Dari 293 unit koperasi yang ada di Kaur. Saat ini yang aktif tinggal 168 unit, sedangkan 125 unit koperasi lainnya sudah lama vakum alias tidak aktif lagi,” kata Kepala Diskoperindag Kaur Agusman Efendi SE MSi pada BE.

Dikatakan Agus, koperasi yang tidak aktif lagi dalam menjalankan usahanya tersebut, terdiri dari koperasi yang bergerak dalam simpan pinjam, koperasi serba usaha dan koperasi bergerak dalam bidang lainnya. Koperasi yang tidak aktif lagi ini terpantau dari pendataan Dinas Koperasi, serta tidak pernah lagi melaporkan kegiatan usaha dan tidak pernah mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

“Untuk melihat masih hidup atau sudah matinya sebuah koperasi dapat kita lihat sejauh mana pelaksanaan RAT mereka. Ini menunjukkan sejauh mana keaktifan anggota Koperasi itu. Tahun lalu ada sekitar 43 koperasi yang kita usulkan dibubarkan, karena tidak aktif lagi,” terangnya.

Banyaknya koperasi mati suri disebabkan beberapa faktor. Selain terkendala permodalan usaha juga banyak pengurusnya yang sudah tidak aktif lagi dalam bidang koperasi dan beralih ke bidang usaha lainnya. Dampaknya manajemen koperasi tidak berjalan dengan baik. Juga faktor kurangnya modal atau modal macet dengan anggota dan lainnya.

“Kita kini terus berupaya melakukan pembinaan koperasi yang aktif dan yang tidak aktif akan kita bubarkan. Pembubaran koperasi ini harus di usulkan ke kementerian koperasi dan UKM,” tandasnya. (618)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*