122 Siswa Paket C Ikut USBA

IRUL/BE UJIAN: Para peserta ujian Paket C saat memperlihatkan aplikasi ujian paket di Hp androidnya masing-masing, Senin (20/4).

BINTUHAN, BE – Meskipun tahun ini Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia meniadakan Ujian Nasional UN) akibat kasus Covid-19 yang mewabah di dunia, namun Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM) Mekar Sari Kabupaten Kaur, tetap melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Android (USBA) di rumah masing-masing, Senin (20/4). Dalam ujian online ini ada 122 siswa paket C yang ikuti USBA yang digelar selama empat hari.

“Untuk total peserta ujian paket ini ada 137 siswa, tapi yang ikuti USBA ini hanya 122 orang. Jadi 15 orang lainnya tidak ikut ujian paket C ini. Juga disini ada dua PKBM yang menginduk yakni PKBM Jihan dan PKBM Intan Putri,” kata Ketua PKBM Mekar Sari, Titin Sumarni MPd, kemarin (20/4).
Dikatakan Titin, USBA ini dikirimkan ke peserta ujian melalui group WhatsApp (WA). Sedangkan jawaban ujian yang sudah dikerjakan oleh peserta dikirimkan melalui website yang telah dibuat panitia PKBM Mekar Sari dengan paketc.pkbmmekarsarikaur.com. Pelaksanaan ujian tersebut mendapatkan monitoring dan evaluasi dari PKBM Mekar sari. Menurut Titin, ditengah wabah virus corona ini ujian itu tidak mesti harus datang dan berkumpul di satu tempat. Tidak ada alasan baginya untuk tidak berkomunikasi dengan para siswanya meski hanya melalui Hp android.
“Dalam ujian ini dilokasi masing-masing siswa dan yang penting ada sinyalnya, dan alhamdulillah untuk hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia USBA ini berjalan lancar. Juga kita berhap ini bisa diikuti PKBM lainya,” harapnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Endy Yurizal SP melalui Kasi Paud dan Pendidikan Non Formal, Martin Yusuf S IP juga mengakui jika tiga PKBM ini Kaur ini telah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Android. Dikatakan Martin, ia berharap agar PKBM lain juga melaksanakan USBA. Juga kedepan diharapkan tak ada lagi anak putus sekolah yang tak mendapat lapangan pekerjaan hanya karena terbentur Ijazah. PKMB melayani selalu menjadi solusi bagi mereka yang ingin belajar untuk mendapatkan ijazah melalui pembelajaran kejar Paket A, B dan C.
“Total PKBM di Kaur ini ada 22 dan jumlah peserta paket ini ada sekitar 700 peserta, nah kita minta PKBM yang belum melaksanakan USBA agar dilaksanakan, dan juga ini bisa menginduk ke PKBM Mekar Sari,” jelasnya. (618)