121 Pejabat Dimutasi

DENDI- Pelatikan Pejabat Eselon III dan IV oleh Kepala BKD Provinsi Bengkulu, sore kemarin (1)

BENGKULU, BE – Sesuai prediksi BE sebelumnya, bahwa dalam waktu dekat ini Pemerintah Provinsi Bengkulu akan menggelar mutasi besar-besaran  terhadap pejabat berbagai eselon di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu.  Hanya saja mutasi kali ini tidak dilakukan sekaligus dan dilantik bersamaan oleh gubernur, melainkan dilakukan secara bertahap dan pelantikan pun dilakukan oleh masing-masing kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Terbukti, sekitar pukul 16.00 WIB sore kemarin (25/5), gerbong mutasi pun mulai bergerak. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat ini dilakukan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu.

Setidaknya ada 4 pejabat BKD dimutasi dengan rincian 1 orang eselon III dan 3 orang eselon IV. Untuk eselon III, Kabid Perencanaan dan Pengembangan Karier, Drs. Tarmawi MSi yang difungsionalkan diganti oleh Arna Mareta SH MSi yang sebelumnya menjabat Kabid Kebudayaan di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu. Sementara untuk eselon IV, Kepala Seksi (Kasi) Data dan Peningkatan Kualitas Pegawai, Riki Feriantoni menggantikan D Natali, Kasi Mutasi Weri P Nasution menggantikan Jumhari yang pindah menjadi Kasi Fungsional menggantikan Miftahul Silmi.

Secara keseluruhan, jumlah pejabat yang terkena mutasi mencapai 121 orang yang terdiri dari pejabat eselon IV sebanyak 70 orang dan 51 pejabat eselon III.
Mutasi yang dilakukan kali ini memang tertutup, bahkan beberapa awak media pun tidak mengetahui bahwa Pemprov melakukan mutasi.

Saat dikonfirmasi, Kepala BKD Kautsar Agus Hutari SSTP MSi, tak menampik adanya mutasi yang dilakukan di masing-masing SKPD tersebut. Ia berdalih, seyogya memang pelantikan dilakukan oleh gubernur, namun karena gubernur sibuk ada kegiatan ke Jakarta, akhirnya melimpahkan kepada Kepala SKPD masing-masing. Kautsar pun mengaku setidaknya ada 30 SKPD yang melakukan mutasi, dan itu dilakukan secara bertahap dalam waktu 3 hari ini.

Kautsar mengatakan, kendati mutasi dilakukan di masing-masing SKPD, namun untuk SK pelantikan tetap berdasarkan keputusan gubernur.

“Pelantikan dilakukan di masing-masing SKPD, namun tetap sesuai dengan keputusan gubernur yang  dilimpahkan kepada masing-masing Kepala SKPD,” ungkap Kautsar.

Mutasi Eselon II Masih Dirahasiakan  
Sementara untuk mutasi eselon II, informasi yang berhasil dihimpun BE menyebutkan ada beberapa nama pejabat yang akan terkena mutasi. Saat ini santer disebut nama Misran Musa (Kepala Kesbangpol) dan Hermansyah Boerman (Kadis ESDM) bakal dimutasi dalam mutasi sebelum hari Jumat besok.

Dikonfirmasi terkait mutasi eselon II tersebut, beberapa pejabat Pemprov terkesan tertutup. Bahkan Plt Sekretaris Daerah (Sekda), Drs Sumardi MM ketika dikonfirmasi ke ruang kerjanya belum bersedia memberikan keterangan.

“Saat ini bapak belum bisa ditemui, karena masih banyak berkas yang harus ditandatangani. Tadi pesan bapak, besok saja ke sini lagi,” ujar salah seorang staf Sumardi.

Demikian juga halnya dengan Kepala Inspektorat Provinsi Bengkulu sekaligus Ketua Baperjakat, Fauzi SH yang juga tidak bersedia memberikan komentar mengenai mutasi yang dilakukan. “Yang saya tahu mutasi eselon III dan IV, itu pun baru hari ini saya dapat infonya. Kalau untuk informasi yang lain sepertinya belum ada,” elaknya. (400)

Mutasi Pejabat BKD Provinsi Bengkulu
No     Nama    Jabatan     Lama    Jabatan Baru
1. Drs. Tarmawi Msi    Kabid Perencaan dan Pengembangan Karier        MPP
2. Arna Mareta, SH     Kabid Kebudayaan Disbudpar    Kabid Perencaan dan Pengembangan Karier BKD
3. Riki Feriantoni        –    Kasi Data dan Peningkatan Kualitas
Weri P Nasution     –     Kasi Mutasi
4. Jamhari         Kasi Mutasi         Kasi Jabatan Fungsional
5. Miftahul Silmi     Kasi Jabatan Fungsional     –