121 Calon SIP Kaur Ikuti Tes Kesehatan

PERIKSA: 121 anggota Polres Kaur yang akan mengikuti tes SIP saat mengikuti tes pemeriksaan Rikkes di aula Mapolres Kaur, Senin (18/1).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Sebanyak 121 personil anggota Polres Kaur Polda Bengkulu yang akan mengikuti Seleksi Calon Siswa Inspektur Polisi (SIP) Angkatan 50 tahun 2021, mengikuti tes pemeriksaan kesehatan (Rikkes) berkala awal, Senin (18/1). Dalam tes kesehatan yang dilakukan dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Bengkulu dan PA Urkes Polres Kaur di aula Mapolres Kaur itu awasi langsung oleh Wakapolres Polres Kaur, Kompol. Hanny Junianto SH MH MTPD.

“Untuk anggota yang ingin ikut SIP wajib mengikuti tes Rikkes ini, karena ini salah satu syarat utama. Untuk anggota kita yang akan ikut tes SIP tahun ini ada sekitar 121 orang,”kata Kapolres Kaur Polda Bengkulu AKBP Dwi Agung Setyono S IK MH melalui Wakapolres Kompol Hanny Junianto SH MH, Senin (18/1).

Dikatakan Waka, dimana pendaftaran SIP tahun 2021 ini akan dibuka pada akhir Januari ini. Maka dalam menghadapi tes ini anggota harus prima. Sebab melaksanakan tugas pokok Polri sebagai pemelihara Kamtibnas, penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat yang memiliki sikap perilaku, pengetahuan, keterampilan tugas umum kepolisian dan keterampilan lainnya, harus didukung dengan kondisi fisik yang prima.

“Di dalam tubuh yang sehat, terdapat iman yang kuat. Kalau kesehatan terjaga, tugas berat apapun bisa dilaksanakan dengan baik, apalagi dalam menghadapi tes SIP ini,” terangnya.

Ditambahkan Waka, pemeriksaan kesehatan menjadi hal yang penting untuk mengetahui kondisi anggota, dan diharapkan saat melaksanakan tugas, bisa maksimal. Juga tes Rikes ini selain untuk melihat kesehatan anggotanya.

Dimana tujuan dari Rikkes berkala ini tidak lain adalah untuk mengecek kesehatan seluruh anggota Polres Kaur agar apabila ada keluhan ataupun kelainan yang dirasakan peserta dapat ditangani sejak dini.

“Dengan Rikkes berkala, anggota bisa tahu kondisi kesehatan masing masing, sehingga bisa mengukur kekuatan fisik masing masing dalam mengikuti tes SIP ini,” tandasnya.

Sementara itu, PA Urkes (kepala klinik Medika 11) Polres Kaur Henni Septiana S.kep Ners menyampaikan, pemeriksaan kesehatan berkala ini sesuai prosedur dari tahapan pendaftaran, pemberian formulir, pengambilan darah dan urine, pengecekan fisik seperti berat badan, termasuk pemeriksaan observasi tanda-tanda vital seperti cek tensi dan nadi, pengecekan EKG, observasi treadmill, pemantauan keluhan kesehatan, pengecekan gigi dan lainnya.

“Pemeriksaan kesehatan ini kita lakukan meliputi pengecekan mata hidung, teliga, gigi dan lainnya, dan Alhamduliilah dari hasil pemeriksaan kita anggota yang mau ikut SIP ini sehat semua,” tandasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*