120 PJU Segera Dipasang

FOTO;IST

TAIS, Bengkulu Ekspress – Selangkah lagi, kawasan Kota Tais, terang benderang. Sebanyak 120 titik penerangan jalan umum (PJU) berupa Pembangkit Listrik tenaga Surya (PLTS) dipasang di sana. “Untuk pondasi dari tiang PLTS ini sudah dilakukan pengecoran terhitung Ramadan lalu sehingga selangkah lagi menunggu pengeringan pondasi yang sudah dicor,” tegas Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Hadi Susanto MPd melalui Kabid Pertamanan Joko Sanjoyo SKm kepada Bengkulu Ekspress kemarin (19/6).

Disampaikan PLTS yang bersumber dari energy sinar matahari ini merupakan bantuan dari Kementrian ESDM sebanyak 120 unit. Hanya saja, keseluruhannya dikerjakan tim kementerian. Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Seluma, hanya menerima barang semata dan merupakan bentuh hibah, serta tetap berkoordinasi dengan BLH Seluma. “Sekalipun hibah dari ESDM tetap BLH di libatkan untuk pemasangan PLTS ini,” ujarnya.

Dirincikan, untuk saat ini tiang dari PLTS sendiri sejauh ini sudah tiba di seluma. Sehingga hanya menunggu kedatangan alat alat yang berupa mesin dari tenaga surya itu sendiri. Diprediksi dalam waktu seminggu kedepan pekerjaan sudah bisa di lakukan. Setelah Kabupaten Muko-muko, Kota Bengkulu dan Lebong juga mendapatkan bantuan serupa.



“Untuk saat ini, tim teknis dari kementerian tengah melakukan pemasangan di Kota Bengkulu selesai Kotaakan bergeser ke Seluma ini,” sampainya.

Diharapkan, dengan keberhasilan mendapatkan PLTS ini, kedepan program ini tetap menjadi prioritas pengusulan BLH. Mengingat di tahun 2020, kembali di usulkan sebanyak 350 titik lampu jalan umum(PJU). Karena, 2019 ini hanya 120 titik PJU yang terpenting terlebih dahulu diusulkan dan terbukti terwujudkan, dengan pemasangannya tahun ini.

“Mudah-mudahan tahun ketahun usulan kita bisa di acc oleh kementrian ESDM hanya saja, tetap hibah ini harus menjadi pemeliharaan Seluma yang di buat surat hibah dan kesanggupan melakukan perawatan,” imbuhnya. (333)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*