120 Anggota Pramuka Ikuti Kemnas JSIT

1

BENGKULU, BE- Yayasan Alfida Bengkulu melepas sebanyak 120 peserta kontingen kemah nasional (Kemnas) jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Provinsi Bengkulu. Mereka ini mengikuti Kemnas di Coban Rondo, Malang, Jawa Timur.

Mabida Pramuka JSIT Bengkulu, Ustad Apriadi ketika diwawancarau BE kemarin menuturkan, sebanyak 120 peserta itu rincianya, 24 peserta dari Bengkulu Utara 22 peserta dari Rejang Lebong dan 104 peserta dari Kota Bengkulu. Mereka ini diberangkatkan hari ini Senin (2/11) menuju Malang.

Kemah Ukhuwah Pramuka ini dikhususkan bagi pelajar Penggalang. Masing-masing regu telah dipersiapkan secara matang. Disana mereka mengikuti berbagai kegiatan dan lomba yang bersikap edukatif di alam terbuka.

Pramuka SIT 2015 diselenggarakan untuk mewujudkan generasi muda Indonesia yang taqwa,Tangguh, tangkas, dan teguh.
Hal yang sama diungkapkan Hendri Dunan Koordinator Pemberangkatan Kemnas 3 Bengkulu. Perkemahan ini merupakan sarana pembinaan Pramuka Penggalang yang menitikberatkan pada pengembangan diri peserta yang terdiri atas bidang spiritual, emosional, sosial, intelektual, fisik baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

Kemah ini bukan hanya kegiatan lomba saja, namun lebih mengarahkan para siswa pada peningkatkan karakter kemandirian, ketangguhan dan keterampilan, jiwa kepemimpinan, semangat persaudaraan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang dalam bingkai nilai-nilai ke Islaman serta memiliki komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Kode Kehormatan Pramuka yaitu Tri Satya dan Dasa Darma.

Dalam perkembahan yang mengangkat tema “Berbekal Taqwa meraih cita, menjalin ukhuwwah membangun bangsa” itu para peserta akan ada pendamping, mereka akan diawasi bagaimana nilai-nilai Islamanya.

Kegiatan selama perkembahan lebih kepada religius, saat malam dilakukan salat tahajud bersama dan banyak lagi. ”Harapan kita anak-anak yang dibawa bukan menjadi pemenang dalam lomba yang digelar, namun lebih bagaimana rasa ukuwah islamiah itu terjalin dan terjaga, tandasnya. (247)