12 Rafflesia Gadutensis Mekar

APRIZAL/Bengkulu Ekspress
Bunga Rafflesia Gadutensis

ARMA JAYA, Bengkulu Ekspress – Bunga Rafflesia jenis Gadutensis merupakan salah satu jenis rafflesia yang habitatnya banyak terdapat di kawasan objek wisata alam Palak Siring dan hutan lindung Boven Lais Kemumu, Kecamatan Arma Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara (BU). Tercatat, dalam kurun waktu 3 bulan terakhir, rafflesia jenis Gadutensis ini telah mekar sebanyak 12 kali



” Dalam kurun waktu 3 bulan, 12 rafflesia jenis Gadutensis mekar di kawasan wisata Kemumu,” kata Agung, selaku anggota Komunitas Pecinta Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Utara.

Agung menjelasakan, bunga rafflesia ini dapat mekar lebih banyak dikarenakan intensitas hujan yang tinggi. Karena hujan sangat berpengaruh bagi kesuburan habitat bunga rafflesia jenis gadutensis tersebut.  “Memang 3 bulan terakhir ini banyak sekali bunga kita yang mekar, itu dikarenakan intensitas hujan yang cukup tinggi. Ini sangat mempengaruhi kesuburan habitat bunga rafflesia, terutama pada tanahnya yang merupakan sumber makanan bagi bunga rafflesia,” jelasanya.

Agung menambahkan, saat ini bunga terakhir sedang mekar masih berlokasi di kawasan hutan Boven Lais yang mekar dengan ukuran diameter 58 centimeter. “Kini masih ada yang mekar di kawasan hutan Boven Lais, ukurannya pun terbilang cukup besar dengan diameter 58 cm,” tukas Agung.(127)