12 Pejabat Eselon II Dievaluasi

Foto : Kepala BKPSDM Benteng, Apileslipi

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) melakukan evaluasi terhadap 12 orang pejabat eselon II. Yaitu, 2 orang Asisten, 1 orang staf ahli dan 9 orang Kepala Dinas (Kadis).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Benteng, Apileslipi SKom MSi menjelaskan.

evaluasi pejabat eselon II dilakukan setelah mendapat surat resmi dari Komisi Aparatur Sipil Negarfa (KASN) yang berisikan tentang rencana evaluasi kinerja dalam rangka perpanjangan masa jabatan dan uji kompetensi pejabat eselon II di lingkungan Pemda Benteng.”Hari ini (kemarin,red), ada sebanyak 12 orang pejabat eselon II yang mengikuti asesmen,” kata Apileslipi.

Dijelaskan Apileslipi, ada dua orang pejabat tinggi pratama yang dievaluasi lantaran telah menjabat dalam satu jabatan selama 5 tahun.

Yaitu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)

Sedangkan 10 pejabat lainnya mengikuti uji kompetensi karena sudah menjabat dalam satu jabatan selama 2 tahun. Tujuannya, untuk mengetahui kesesuaian jabatan saat ini.

yaitu, Asisten Administrasi Pemerintahan, Asistem Administrasi Umum, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Kepala DP3APPKB, Kadis Perhubungan, Kadis Pertanian, Kadisnakertrans, Kepala DPKPP dan Kadis Kominfo.

“Hasil penilaian yang dilakukan oleh panitia seleksi (Pansel) akan diserahkan kepada Bupati sebagai bahan untuk melakukan rotasi jabatan,” terang Lipi.

Lebih lanjut, Lipi menegaskan, Pansel yang ditunjuk untuk melakukan evaluasi berjumlah 5 orang. Yaitu, Dr Ir Yulfiperus, Edi Hermansyah SSi MSc PhD, Ir Diah Irianti MSi, Dr Khairil MPd dan Dr Jhon Kanedi MHum.

“Seluruh pejabat yang dievaluasi diminta untuk menulis makalah dan mempresentasikannya. Selain itu, juga ada sesi wawancara untuk melihat sejauh mana pemahaman tentang Tupoksi jabatan yang diemban saat ini,” jelas Lipi.(135)