12 Kader Posyando di Kepahiang Upgrade Pengetahuan


Doni/BE
Kader Posyandu Desa Mekar Sari mendengar dengan cermat penjelasan mentor (Pemateri) yang menjelaskan peranan kader Posyandu

KEPAHIANG, bengkuluekspress.com– Tingginya wabah virus corana di Kabupaten Kepahiang membuat semua pihak harus ekstra waspada. Tidak terkecuali bagi para kader Posyandu ditingkat desa, yang selain harus menjaga dirinya sendiri juga memiliki tanggungjawab terhadap perlindungan balita disetiap wilayah kerjanya.

Menyadari pentingnya peran Kader Posyando, Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Mekar Sari Kecamatan kabawetan melakukan upgrade atau peningkatan pengetahuan para kader Posyandu. Dengan melaksanakan pelatihan khusus untuk 12 kader Posyandu didesa, mereka diberikan bimbinggan teknis dari para mentor berpengalaman supaya bisa memahami ruang lingkup pekerjaan dengan benak. “Ada 12 kader Posyandu Desa Mekar Sari yang diberikan pelatihan. Mereka mendapatkan pengetahuan dari mentor dari Dinas Kesehatan,” ungkap Sekretaris Desa Mekar Sari Noprianto, Jum’at (18/12).

Noprianto mengatakan para kader Posyandu sangat berperan penting dalam memantau kondisi kesehatan para balita didesanya. Supaya tidak mengalami kekurangan gizi, penghambatan pertumbuhan hingga terjangkit penyakit lainnya. “Dalam APBDes kita ada program pemberdayaan, salah satunya kepada para kader Posyandu. Karena kita sangat berharap pada kader Posyandu di Desa Mekar Sari supaya aktif menjalankan tugasnya, denga adanya pelatihan diharapkan mereka benar-benar bisa mengimplementasikan tugas mereka pada masyarakat,” ujarnya.

Peranan kader Posyandu Desa Mekar Sari diantaranya memiliki data (buku catatan, KMS, alat peraga) melakukan pendaftaran bayi, balita, ibu hamil, dan ibu usia subur yang hadir di posyandu. (320)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*