12 Desa di Seluma Terima DD Rp 1 M Lebih

TAIS, bengkuluekspress.com – Dari total Dana Desa (DD) tahun 2021 ini, sebesar Rp 141 miliar lebih, tercatat sebanyak 12 desa di Kabupaten Seluma akan menerima DD di atas Rp 1 miliar. Saat ini Pemkab Seluma melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) sendiri sedang memproses pencairan DD tahap pertama sebesar 40 persen.

Kepala BPKD Seluma, Marah Halim SP, MP, MSi, MAK membenarkan bahwa ada 12 desa di Kabupaten Seluma yang akan menerima DD diatas Rp 1 miliar.

“Besaran DD ini sudah disetujui oleh Kementerian Keuangan. Serta ada indikator penentunya. Sehingga dari 182 desa di Kabupaten Seluma, saat ini ada 12 desa yang menerima DD diatas Rp 1 miliar lebih. Sehingga bisa digunakan untuk peningkatan infratruktur atan reguler. Kemudian pemberian bantuan langsung tunai (BLT), serta penanganan Covid-19,” tegasnya.

Ditegaskan, bahwa besaran DD ditentukan oleh jumlah penduduk di desa. Kemudia luas wilayah, serta tingkat kemakmuran masyarakat. Ditambah kondisi geografis di desa. Desa yang masih terdapat kebutuhan infrastruktur tentunya akan lebih besar mendapatkan porsi DD. Dibandingkan desa yang berada dekat dengan pusat kota.

“DD harus digunakan dengan baik, kemudian berdasarkan APBDes yang merupkan hasil musyawarah dengan masyarakat didesa tersebut,” tegasnya.

Sementara itu, 12 desa yang mendapatkan DD diatas Rp 1 miliar diantaranya, Desa Gelombang sebesar Rp 1,1 miliar. Desa kayu Elang sebesar Rp 1,1 miliar. Desa Maras Tengah sebesar Rp 1,03 Miliar. Desa Padang Cekur sebesar Rp 1,00 miliar. Desa padang pelasan sebesar Rp 1,07 miliar. Desa Pandan sebesar Rp 1,29 miliar. Desa Pering Baru sebesar Rp 1,03 miliar. Desa Pintu Layang sebesar Rp 1,046 miliar. Desa Rawa Sari sebesar Rp 1,083 miliar. Desa Sido Luhur sebesar Rp 1,017 miliar. Desa Talang Padang sebesar Rp 1,150 miliar, dan Desa Talang Prapat sebesar Rp 1,052 miliar. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*