12.100 Kertas Suara Dicetak, 26 Kotak Pilkades Disiapkan

BINTUTAHAN, BE– Pelaksanaan Pimilihan kepala desa (Pilkades) akan segera dilaksanakan pada pertengahan Desember, persisnya digelar tanggal 18 Desember mendatang. Persiapan sebagai tahapan Pilkades sudah siapkan yakni pihaknya akan mencetak sebanyak 12.100 kertas suara dan mempersiapkan 26 kotak untuk 22 desa. Saat ini sebelum dicetak masih dilakukan verifikasi daftar pemilih tetap (DPT) setiap desa.

“Kita masih mendata jumlah sebenranya mata pilih di 22 desa tersebut, sehingga angka 12.100 masih butuh verifikasi. Namun setelah diverifikasi angka itu tetap sebagai mata pilih, namun selama bebrapa hari ini kita akan melakukan kembali verifikasi,” ujar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa dan keluarga Berencana (BPMPD-KB) Kaur Drs Sepuan Yunir MM melalui Kabid Pemerintahan Desa Ismin Ssos didampinghi Kasubang Pemdes Sastriana SSt MSc,  kemarin.

Menurutnya, pencetakan kertas suara itu nantinya memang harus berdasarkan jumlah mata pilih, pihaknya tidak akan melbihkan dan mengurangi. Namun mata pilih di 22 desa harus benar-benar sinkron dan tepat sebelum dilakukan pencetakan. Sehingga Panitia pelaksana Pilkades disetiap kecamatan dan desa haru jeli. “Jika adanya ketidak sesuaian maka segera di koordinasikan dengan BPMDKB agar semuanya bisa dilakukan dengan baik, jika nantinya jumlah 12.100 sesuai dengan data maka akan segera dicetak,” ungkapnya.
Sedangkan kotak suara sebenranya dibutuhkan 22 Kotak suara, karena disesuaikan dengan jumlah desa. Namun ada 4 desa yang meminta untuk penmabahan kotak suara, sehingga ada tambahan 4 kotak lalu menjadi 26 kotak suara. Seperti halnya 4 Desa yang berada di kecamatan Nasal yang berpenduduk banyak serta wilayahnya cukup luas, yakni desa Ulak Pandan, Muara Dua, Sinar Mulaya (Eks Air Bacang) dan Merpas 4 desa tersebut.

“Seperti Merpas bermata pilih sebanyak 1395 terbagi dua yakni Merpas dan Dusun Siderejo, kemudian Muara Dua terbagi dua yakni Muara Dua dan Kulek Sialang, sehingga membutuhkan dua TPS,” jelasnya. Tahapan ini, kata Sastri, sudah memasuki akhir persiapan tinggal memfinalkan, apakah jumlah DPT dan kotak suara sudah dil. Jika sudah maka akan segera dilakukan pencetakan.”Kita akan siapkan mulai awal desemeber kemungkinan 5 hari menjelang pemilihan kertas dan kotak sudah berada di lokasi,” jelasnya.
Sementara itu, jumlah calon kepala Desa (cakades) yang sudah mendaftarkan sebanyak 58 orang dari 22 desa yang akan menggelar Pilkades. Saat ini data cakades tengah dilakukan verifikasi berkas jika masih ada keselahan, maka yang bersangkutan untuk segera memperbaiki.”Jumlah cakades sudah final 58 oprang tidak ada penemabahan, karena pencalonan sudah ditutup oleh panitia desa,” pungkasnya.(823)