11 SMP dan MTs Gelar UNBK

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 11 SMP/MTs se-Kabupaten Kepahiang akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini. 4 SMP Negeri dan 7 sekolah swasta memastikan diri melaksanakan UNBK setelah memiliki peralatan yang lengkap. Latihan-latihan UNBK kerap dilaksanakan masing-masing sekolah agar memberikan kesiapan matang bagi siswa-siswa yang akan mengikuti UNBK nantinya.

Plt. Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kepahiang, Yudha Rusmansyah, SE, AK, MM, melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar(Dikdas), Praptosumo, SPd, mengatakan, keempat sekolah negeri meliputi SMP Negeri 1 Kepahiang jumlah siswa 345, SMP Negeri 2 Kepahiang 161 siswa, SMP Negeri 3 Kepahiang 113 siswa, SMP Negeri 4 Kepahiang 42 siswa. SMP Negeri 3 Kabawetan 6 siswa, SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Ujan Mas dengan total siswa 234 orang.

“Kemudian SMP Negeri 1 Tebat Karai 31 siswa, SMP Negeri 1 Bermani Ilir 110 orang dan SMP Negeri 2 Tebat Karai 93 orang,” tutur Prapto, kemarin.

Selanjutnya, SMP IT Cahaya Robbani Kepahiang dengan jumlah siswa 15 orang juga menerapkan UNBK untuk siswa kelas tiganya.

“Karena 11 sekolah ini sudah memiliki fasilitas yang bagus untuk melaksanakan UNBK maka tahun ini sudah melaksanakan, selebihnya masih ujian tertulis,” terang Prapto.

Sebelumnya ada 3 sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang akan melaksanakan UNBK, tetapi karena belum memiliki fasilitasi memadai ketiga sekolah naungan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kepahiang tersebut gagal merealisasikan UNBK.

“Ya kemarin itu MTs juga sudah mengajukan untuk UNBK tetapi akhirnya mengundurkan diri jadi belum melaksanakan tahun ini,” kata Prapto. (320)