11 Madrasah di Bengkulu Ditetapkan Sebagai Madrasah Riset Nasional

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Bengkulu Drs H Zahdi Taher MHi

BENGKULU BE – Provinsi Bengkulu memiliki 11 madrasah dengan program penyelenggara riset nasional pada 2020. Penetapan madrasah riset tersebut diputuskan melalui Keputusan Direktur Pendidikan Islam Nomor 6757 tahun 2020 tentang Penetapan Madrasah Penyelenggara Riset tahun 2020. Terdapat 296 MTs dan 404 MA yang tersebar di seluruh Indonesia.

”Di Bengkulu ada 5 Madrasah Tsanawiyah dan 6 Madrasah Aliyah dan MAN 1 Model Kota Bengkulu, menjadi satu-satunya MAN yang menerapkan dua program sekaligus, yaitu program keagamaan dan riset,” ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Bengkulu Drs H Zahdi Taher MHi pada BE Selasa (26/1).

Madrasah riset di Bengkulu, terdiri 5 madrasah tsanawiyah negeri, yaitu MTsN 1 kota Bengkulu, MTsN 2 kota Bengkulu, MTsN 1 Bengkulu Utara dan MTsN 1 Seluma. Untuk tingkat Aliyah ada 6 Madrasah antara lain, MAN 1 Model kota Bengkulu, MAN 2 kota Bengkulu, MAN IC Bengkulu Tengah, MAN Seluma, MAN 1 Mukomuko, MAN 2 Kepahiang.

Menurut Zahdi, saat ini Kemenag mengembangkan madrasah riset sebagai wujud atas Motto “Madrasah Hebat Bermartabat ” yang didengungkan. Hal itu menjadi angin segar sekaligus kabar menggembirakan bagi jajaran madrasah dibawah Kementerian Agama di Bengkulu. Pasalnya, penunjukkan itu melalui syarat dan kriteria dari pusat. Juga merespon, mengakomodir atas kegiatan yang bermuatan pendidikan riset. Predikat sebagai madrasah riset nasional diharapkan menjadi icon serta memacu seluruh madrasah.

“Tim kanwil Kemenag Bengkulu saat ini sedang memberikan sosialisasi ke madrasah, sekaligus apa yang akan dilakukan pasca ditetapkan sebagai madrasah riset,” imbuhnya.

Dengan status tersebut, maka peserta didik di madrasah secara resmi membuka sebanyaknya pelaksanaan penelitian. Diharapkan anak-anak tumbuh berkembang tidak hanya dalam bidang keagamaan juga mengembangan kurikulum madrasah berbasis riset. Kedepan madrasah mengembangkan riset dengan kelengkapan seperangkat saran dan prasarana, yang konprehensif, serta dilengkapi dengan Sumber Daya manusia yang mumpuni. Madrasah harus terus berkembang dan kekinian, karena madrasah tidak hanya ditekankan dalam segi keagamaan juga harus menyesuaikan perkembangan zaman sehingga minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya ke madrasah tinggi,” tutupnya. (247)

Grafis Madrasah Riset di Bengkulu

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Setara SMA

1. MAN 1 Model kota Bengkulu
2. MAN 2 Kota Bengkulu
3. MAN IC Bengkulu Tengah
4. MAN Seluma
5. MAN 1 Mukomuko
6. MAN 2 Kepahiang.

Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN setara SMP)
1. MTsN 1 Kota Bengkulu
2. MTsN 2 Kota Bengkulu
3. MTsN 1 Bengkulu Utara
4. MTsN 1 Seluma.
5. MTsN 2 Seluma

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*