11 Desa Siap Ikut Lomba Desa

Hamdan Sarbaini S Sos

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bengkulu Selatan (BS), Hamdan Sarbaini S Sos mengatakan, dalam waktu dekat lomba desa akan segera dimulai.

Bahkan dipastikan pelaksanaan lomba desa ini akan digelar April mendatang.“ Untuk lomba desa ini akan diikuti 11 desa,” katanya.Dikatakan Hamdan 11 Desa tersebut tersebar di 11 Kecamatan dalam wilayah BS. Untuk masing-masing kecamatan diwakili satu desa.

Adapun ke-11 desa tersebut yakni Kecamatan Air Nipis diwakili Desa Tanjung Beringin, kecamatan Pino Raya diwakili Desa Padang Beriang, Kecamatan Kota Manna diwakili Desa Padang Niur,Kecamatan Pino diwakili Desa Padang Tambak, Kecamatan Kedurang diwakili Desa Suka Nanti, Kecamatan Bunga Mas diwakili Desa Tumbuk Tebing, Kecamatan Manna diwakili Desa Jeranglah Rendah, kecamatan Ulu Manna diwakili Desa Keban Jati, kecamatan Pasar Manna diwakil Desa Batu Kuning dan Kecamatan Kedurang Ili diwakili Desa Sukajaya serta Kecamatan Seginim diwakili Desa Muara Danau.

“ Dari 11 Desa tersebut nanti pemenangnya akan mengikuti lomba desa tingkat Provinsi,” ujarnya.

Dijelaskan Hamdan, pelaksanaan lomba desa ini merupakan program tahunan. Adapun penilaiannya meliputi tata tertib adminitrasi desa, termasuk kebersihan lingkungan, hingga sinergitas pemerintahan desa dengan masyarakat, juga kesehatan desa serta termasuk juga yang dinilai program dari tim penggerak PKK desa.

Dengan adanya lomba desa ini nanti diharapkan mampu mendorong pemerintahan desa bersama masyarakatnya terus meningkatkan pembangunan di desa dengan kompak.“ Adanya lomba desa ini untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembangunan di desa dalam satu tahun terakhir ini, juga sebagai upaya peningkatan sumber daya masyarakat (SDM) di desa tersebut,” demikian Hamdan.

Oleh karena itu, dengan telah ditetapkannya ke-11 desa tersebut sebagai peserta lomba desa tingkat kabupaten, dirinya meminta semua desa tersebut dapat mempersiapkan diri. Sebab nanti tim penilaan akan turun ke masing-masing desa. Dengan begitu, desa yang terbaik yang akan menjadi pemenangnya.

“ Silahkan semua desa yang ditetapka tersebut bersiap-siapa, desa yang menang merupakan desa yang terbaik dari 11 desa tersebut,” demikian Hamdan. (369)