11 Desa di Lebong Terima SP2D Pencairan DD

Kabid PMD Dinas PMDS Kabupaten Lebong, Eko Budi Santoso SP MEng

LEBONG, bengkuluekspress.com– Dari total 93 desa di Kabupaten Lebong, baru 11 desa yang mendapatkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) yang diterbitkan oleh Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN) Curup untuk pencairan Dana Desa (DD) tahap II tahun 2020.
Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (Dinas PMDS) Kabupaten Lebong, Eko Budi Santoso SP MEng mengatakan, adapun ke-11 desa yang telah mendapatkan SP2D, yaitu Desa Lokasari, Tabeak Belau I, Belau, Karang Dapo Atas, Karang Dapo Bawah.
“Selanjutnya Desa Sukau Datang I, Talang Bunut, Ketenong I, Air Kopras, Bioa Putiak dan Desa Sungai Lisai,” jelasnya, Kamis (25/08).

Dengan telah dikeluarkannya SP2D untuk ke-11 desa yang sebelumnya telah mengajukan untuk pencairan DD tahap II tahun 2020, jika tidak ada halangan siang Kamis (25/09) sudah ditransfer kepada masing-masing desa.
“DD akan langsung ditransfer ke kas desa,” ujarnya.

Sementara itu, untuk pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap ke II, dikatakan Eko, baru ada 5 desa yang telah mendapatkan rekomendasi. Yaitu Desa Bioa Putiak, Karang Dapo Atas, Karang Dapo Bawah, Air Kopras dan Desa talang Bunut.
“Kelima desa itu yang telah mendapatkan rekomendasi dari Sekretariat Kabupaten (Setkab) Lebong,” tuturnya.

Akan tetapi dari 5 desa yang telah mendapatkan rekomendasi untuk pencairan ADD, diketahui baru 4 desa yang telah disampaikan ke Badan Keuangan Daerah (BKD) Lebong. Sementara untuk 1 desa lagi, yaitu Desa Talang Bunut baru akan disampaikan ke pihak BKD pada hari Senin (28/9) mendatang.
“Hari Sabtu kerja libur, maka kita akan sampaikan ke BKD pada hari Senin,” ucapnya.

Masih banyaknya desa yang belum mengajukan berkas untuk pencairan DD dan ADD tahap II tahun 2020 ini, Eko mengimbau, kepada pemerintah desa (Pemdes) untuk bisa segera melakukan pengajuan.
“Jika cepat diajukan dan cair, maka akan cepat juga rencana untuk pembangunan desa yang sebelumnya telah direncanakan akan berjalan,” imbaunya.(614)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*