11 CJH Mengundurkan Diri

ARY/Bengkulu EkspressJemaah haji asal Rejang Lebong saat tiba usai menunaikan ibadah haji tahu 2018 lalu. Saat ini adari 235 kuota jemaah haji Rejang Lebong ada 11 CJH yang mengundurkan diri.

CURUP, Bengkulu Ekspress– Dari 235 orang Calon Jemaah Haji (CJH) yang akan berangkat tahun 2019 dari Kabupaten Rejang Lebong, ada 11 jemaah yang mengundurkan diri. Demikian disampaikan Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong, Akhmad Hafizudin.

“Dari 235 calon jemaah haji yang akan berangkat tahun ini ada, 11 orang yang mengundurkan diri,” sampai Hafiz saat dikonfirmasi Selasa (23/4) kemarin.

Selain ada 11 orang yang mengundurkan diri, menurut Hafiz ada 6 orang CJH yang sudah terdaftar tahun ini gagal berangkat karena meninggal dunia, selain itu ada tiga orang yang menunda keberangkatannya. Dengan adanya CJH yang mengundurkan diri, meninggal dunia dan menunda keberangkatan, Hafiz mengaku pihaknya belum mengetahui siapa yang akan menggantikannya, karena pihaknya masih menunggu petunjuk dari Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu.



“Untuk pengganti yang mengundurkan diri, meninggal dan menunda keberangkatan kita masih menunggu petunjuk dari Kanwil Kemenag Bengkulu,” tambah Hafiz.

Sementara itu, untuk proses pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap I di Kabupaten Rejang Lebong, Hafiz mengaku hingga kemarin sudah ada 218 orang, hanya saja dari 218 orang tersebut ada tiga orang yang menunda keberangkatan, sehingga yang mereka hitung telah melaksanakan pelunasan BPIH sebanyak 215 orang dari kuota sebanyak 235 orang. “Sama halnya untuk pengganti yang batal berangkat, untuk pelunasan BPIH tahap kedua juga kita masih menunggu petunjuk atau jadwal dari Kemenag Bengkulu,” paparnya.

Di sisi lain, terkait dengan persiapan penyelenggaraan haji tahun 2019 di Kabupaten Rejang Lebong, menurut Hafiz, masih tahap pemeriksaan kesehatan yaitu berupa pemberian vaksin meningitas, pemeriksaan biometrik serta pengurusan Paspor.

Khusus untuk pemberian vaksin meningitis sendiri, dilaksanakan di masing-masing Puskesmas yang dekat dengan tempat tinggal para CJH Rejang Lebong. Untuk pemberian vaksin sendiri, saat ini sudah hampir selesai, karena menurut Hafiz hingga kemarin sudah 90 persen CJH asal Rejang Lebong telah divaksin.

“Bila nanti ada sudah ada jadwal pelunasan BPIH tahap kedua, kami harap para CJH bisa segera melunasi sehingga bisa mengikuti pelaksanaan manasik haji yang akan kita laksanakan pada bulan Mei ini,” pesan Hafiz. (251)