108 CJH Jalani Tes Kebugaran

TES KEBUGARAN: Para CJH asal Kaur saat mengikuti tes kebugaran dengan lari keliling lapangan Merdeka Kota Bintuhan, Rabu (19/2).

BINTUHAN, Bengkulu Eksspress – Guna memastikan kesehatan dan kebugaran para Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Kaur, sebanyak 108 CJH mengikuti tes kebugaran dengan metode rockport.

Ini merupakan metode standar untuk tes kebugaran para CJH yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaur, di lapangan Merdeka Kota Bintuhan, Rabu (19/2).“Tes kebugaran CJH ini hanya satu hari, dan ini kita bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kaur,” kata Kepala Kemenag Kaur, Drs. H. Zainal Abidin MH melalui Kasi Haji H. Muhammad Nasir SPd, rabu (19/2).

Dikatakannnya, tes kebugaran bagi jamaah haji kali ini, merupakan elemen mendasar dalam merumuskan ketahanan dan kekuatan fisik.

Dengan kondisi yang bugar, dapat meningkatkan kinerja jantung, paru-paru, dan otot. Juga tes kebugaran bagi CJH ini untuk memastikan kesehatan dan kebugaran 108 CJH Kaur dengan melakukan tes kebugaran dengan berbagai komponen. Diantaranya tes senam dan jalan.

Dimana bagi CJH yang memiliki riwayat penyakit tertentu, dapat ditangani dengan baik sebelum berangkat. Bila tidak, keberangkatan bisa gagal.

“Melalui tes kebugaran ini kita tahu kondisi kesehatan jamaah. Karena jangan sampai nanti bermasalah saat ditanah suci, sebab CJH ini akan berangkat ke tanah suci bulan Juli mendatang,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kaur, Azwar SSos juga menyampaikan tes kebugaran jasmani bagi CJH untuk memastikan kebugaran para CJH sehat karena mayoritas ibadah haji membutuhkan kesiapan fisik.

Selain itu nanti pihaknya melalui Puskemas Bintuhan akan memberikan vaksinasi menigitis untuk menguatkan kekebalan tubuh dari virus. “Untuk tes kebugaran ini sesuai kemampuan masing-masing dan hasilnya Alhamdulillah bagus, dan nanti setelah ini CJH akan kita beri vaksinasi,” jelasnya. (618)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*