105 Sampel Swab Negatif, Tak Ada Tambahan Kasus Positif

IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Sejak tiga hari terakhir Provinsi Bengkulu nihil tambahan kasus konfirmasi positif Covid-19. Bahkan dari 105 sampel swab yang diperiksa dari 2-4 Juni 2020 di Laboratorium RSUD M Yunus Bengkulu semuanya dinyatakan negatif.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu, Jaduliwan SE MM mengatakan sejak 2 Juni 2020 tidak ada penambahan kasus positif Covid-19. Hal tersebut menunjukkan bahwa pihaknya telah bekerja secara maksimal untuk menekan penambahan jumlah kasus Covid-19 di daerah.

“Kita semua telah bekerja secara maksimal dan terbukti tidak ada penambahan kasus baru,” kata Jaduliwan, Kamis (4/6).

Ia menjelaskan, jumlah sampel yang diperiksa di laboratorium saat ini mencapai 1.136 sampel, 92 diantaranya dinyatakan positif, dan 167 sampel dalam proses pemeriksaan. Sementara jumlah sampel yang keluar pada tanggal 4 Juni 2020 sebanyak 45 sampel dari RSUD M Yunus Bengkulu dan semuanya dinyatakan negatif.

“Seperti hari-hari sebelumnya, pada hari ini, tidak ada tambahan kasus Covid-19,” ungkap Jaduliwan.

Ia mengaku, sementara jumlah rapid test yang sudah dilakukan saat ini mencapai 8.794 orang, 8.381 diantaranya unreaktif dan 155 orang reaktif. Selain itu, pemeriksaan rapid test pada 4 Juni 2020 juga dilakukan di Labkesda Provinsi Bengkulu terhadap 102 orang dimana 2 orang dilaporkan reaktif. Keduanya, berinisial PU (40) dan FK (25) asal Kota Bengkulu, kriteria keduanya Orang Tanpa Gejala (OTG), saat ini melakukan isolasi mandiri.

“Mereka yang dilaporkan reaktif ada 2 orang, mereka berasal dari Kota Bengkulu,” tutur Jaduliwan.

Selain itu, untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 779 orang, 718 selesai pemantauan, 61 dalam pemantauan, dan tambahan 1 ODP dari Kota Bengkulu. Sementara PDP yang dilaporkan hingga 4 Juni 2020 ada sebanyak 53 kasus dengan rincian 12 orang dinyatakan sehat, 7 orang menjadi konfirmasi, 17 orang dalam proses pengawasan, dan 17 orang meninggal.

“Kita bersyukur kasus kita baik konfirmasi, ODP, PDP kita semakin berkurang akhir-akhir ini, semoga ini bisa dipertahankan,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni SKM MKes mengatakan, saat ini tercatat sebanyak 92 kasus konfirmasi positif dengan rincian 25 orang dinyatakan sembuh, 12 orang menjalani perawatan, 52 orang melakukan isolasi mandiri, dan 3 orang telah meninggal dunia. Sebanyak 92 kasus tersebut tersebar di kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu meliputi 62 orang di Kota Bengkulu, 2 orang di Bengkulu Tengah, 2 orang di Seluma, 4 orang di Kaur, 8 orang di Bengkulu Selatan, 4 orang di Kepahiang, 1 orang di Rejang Lebong, 8 orang di Bengkulu Utara, dan 1 orang di Mukomuko.

“Kita bersyukur karena kasus kita beberapa hari terakhir ini tidak ada penambahan,” tutupnya.(999)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*