103 dari 110 ODP Dinyatakan Sehat

APRIZAL/BE
Juru bicara Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten BU Syamsul Maarief SKM MKes saat menyampaikan laporan terupdate penangan Covid 19, kemarin (4/5).

ARGA MAKMUR, Bengkuluekspress.com – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Bengkulu Utara (BU), kemarin (4/5), kembali mengupdate data perkembangan data orang dalam pemantauan (ODP) di wilayah Kabupaten BU, hingga pukul 16.00 WIB. Sebanyak 103 odang dari jumlah 103 ODP dinyatakan sehat.

Hal tersebut disampaikan langsung Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten BU Syamsul Maarief SKM MKes. Dia menuturkan, “Ya, dari data hingga pukul 16.00 Wib untuk perkembangan Covid 19 untuk ODP berjumlah 110 orang dan tidak ada penambahan.”

Arief menambahkan, ODP yang telah dinyatakan sehat berjumlah 103 orang dan 7 orang lagi masih dalam pemantauan. Sedangkan, jumlah orang dalam notifikasi mengalami penurunan hingga saat ini hanya ada 2 notifikasi atau kedatangan masyarakat ke Bengkulu Utara, maka dari itu jumlah notifiaksi berjumlah 3.599 orang.

“Dari data yang kita terima untuk ODP yang telah dinyatakan sehat berjumlah 103 orang dan sisanya masih dalam pemantauan. Sedangkan untuk jumlah notifikasi kita menurun, hingga pada hari ini hanya 2 orang notifikasi, jadi jumlah notifikasi hingga hari ini berjumlah 3.599 orang,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Arief menuturkan, di Kabupaten BU ada 2 hasil rapid tes dan tes Swab di Kabupaten BU. Hasil rapid test dan tes Swab sudah keluar dan hasilnya semuanya dinyatakan negatif.

“Kedua hasilnya negatif. Untuk warga Arma Jaya hasil Swabnya negatif dan 1 ODP di Ketahun meninggal dunia akibat gagal ginjal hasil Swabnya juga negatif,” terangnya.

Selain itu, juga dirinya juga menuturkan, ada 4 orang tenaga kesehatan yang bertugas di RSUD Arga Makmur dari hasil rapid tes ada beberpa orang dinyatakan reaktif. Dengan kondisi ini Tim Gugus Tugas Covid 19 kabupaten BU kepada 4 petugas kesehatan tersebut, telah melakukan isolasi mandiri kepada 4 petugas kesehatan tersebut di RSUD Arga Makmur.

“Untuk saat ini telah kita lakukan penangan isolasi mandiri dan untuk tindaklanjutnya kita juga telah mengirimkan hasilnya ke Dinas kesehatan Provinsi Bengkulu untuk dilakukan test Swab ke Palembang. Mudah mudahan hasil Swabnya nanti negatif,” katanya.

Terkait pencegahan juga saat ini tim gugus tugas juga melakukan isolasi mandiri kepada petugas dan perawat kesehatan yang ada di RSUD Arga Makmur yang berkontak langsung ke 4 petugas tersebut. Dan saat ini sebanyak 25 orang melakukan isolasi mandiri yang berada di wisma atlet dan 25 orang lagi melakukan isolasi mandiri dirumah masing masing. (127)