100 Warga Kepahiang Positif Covid-19

Kadis Kesehatan sekaligus jubir Satgas Covid-19 Kepahiang, Tajri Fauzan SKM MSi-

KEPAHIANG, bengkuluekspress.com – Kasus penyebaran covid-19 di Kabupaten Kepahiang terus meningkat. Hingga Jum’at (13/11), tercatat 100 warga terkonfirmasi positif, 4 orang meninggal dunia, 75 orang sembuh dan 21 warga masih menjalani isolasi. Kurang lebih sebulan terakhir jumlah penderita setiap hari terus bertambah. Karena tidak terkontrolnya tingkat penyebaran yang sudah memiliki banyak klaster. Dinas Kesehatan bersama Satgas Covid-19 Kabupaten Kepahiang merencanakan melaksanakan pemetaan epidemiologi, yakni melakukan kajian cara penyebaran virusnya disetiap klaster.
“Dengan meningkatnya covid-19 di Kabupaten Kepahiang, kami mohon sekiranya kita saling mengingatkan untuk meningkatkan disiplin protokol kesehatan, mohon dukungan dan arahan pada tim satgas kami dalam waktu dekat ini Insha Allah akan melakukan pemetaan epidemiologi mengingat klaster sekarang sudah tranmisi lokal, terutama di pasar dan pesta,” ungkap Kadis Kesehatan sekaligus jubir Satgas Covid-19 Kepahiang, Tajri Fauzan SKM MSi.

Tajri mengatakan, pemetaan epidemiologi dilakukan dengan cara mempelajari tingkat penyebaran virus korona disetiap klaster. Diantara klaster pesta, klaster Dinkes serta klaster lainnya.
“Akan kita kaji secara epidemiologi dulu, nanti klaster mana yang menularkan paling banyak, rencana akan kita adakan tracing dulu dengan pemeriksaan rapid. Kalau terjadi reaktif akan kita swab pada kelompok-kelompok yang ditemukan,” tuturnya.

Setiap tracing nantinya akan dilaksanakan rapid massal, orang-orang dengan hasil rapid reaktif diberikan swab massal.
“Kita cari penyebaran klaster terbanyak dari mana, kalau dari tenaga medis berarti tenaga medis akan di tracing dan rapid, kalau ada yang reaktif baru di swab,” ungkapnya. (320)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*