100 Surat Suara Rusak

lipat-susu-surat-suara
Foto : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Proses pelipatan dan penyortiran Surat Suara Pemilu 2019 telah selesai dikerjakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu. Dan dari hasil sortir yang dilakukan ditemukan sekitar 100 lembar surat suara yang rusak. Bentuk kerusakan ini seperti salah potong, bercak tinta cetakan, terlipat sehingga tidak sempurna.

” Kerusakan masih batas normal dari 5 jenis surat suara itu ada 100 lebih dikit yang rusak,” kata Ketua KPU kota, Zaini SAg saat ditemui diruang kerjanya, kemarin (25/3).

Pun demikian menurut Zaini jumlah kerusakan itu tidak terlalu mempengaruhi karena masih terbilang sedikit dibanding dengan jumlah surat suara yang diterima. ” Kami pastikan tidak mempengaruhi dari jumlah yang kita terima, karena ada beberapa jenis surat suara itu yang berlebih dari jumlah yang dikirim, artinya kerusakan tidak mempengaruhi dari yang kita butuhkan,” jelasnya.



Untuk langkah selanjutnya, KPU akan mendata surat suara rusak tersebut untuk dilakukan pemusnahan setelah pengepakan logistik dilakukan.  Terkhusus untuk proses pengepakan logistik dan kebutuhan per TPS lainnya akan dilakukan pada minggu kedua bulan Maret mendatang.

” Kalau proses mulai menghitung menuju pengepakan itu pada hari Senin depan nanti akan kita lakukan , tetapi yang dinamakan finalisasi pengepakan sampai ke penyegelan masing-masing kotak suara kita pastikan pada minggu ke- II atau 7 hari sebelum distribusi,” pungkas Zaini. (805)