100 Persen Seluruh Desa di Kaur Teraliri Listrik

Dongkrak Ekonomi Rakyat

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Upaya mengejar ketertinggalan Provinsi Bengkulu dalam bidang sektor kelistrikan tuntas sudah. Hal ini setelah dilaksanakannya peresmian Desa berlistrik yakni Desa Tanjung Aur Kecamatan Maje Kabupaten Kaur, dan sekaligus pencanangan 100% Rasio Desa Berlistrik di Provinsi Bengkulu.



Dalam peresmian desa berlistrik dilapangan Merdeka Kota Bintuhan Kecamatan Kaur Selatan, yang dihadiri Gubernur Bengkulu yang diwakili Kepala Dinas ESDM Provinsi Bengkulu Ir Ahyan, Bupati Kaur Gusril Fausi S Sos, Executive Vice President Distribusi Operasi Regional Sumatera PLN Supriyadi, Manager Executive Direksi PLN Tony Belami, Meneral Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu Daryono, serta kepala OPD, FKPD dan masyarakat Desa Tanjung Aur.

Dalam sambutannya, Bupati Kaur, Gusril Fausi menyampaikan ucapan terima kasih kepada PLN atas pembangunan yang telah dilakukan untuk mengalirkan listrik kepada seluruh masyarakat di wilayah Kabupaten Kaur. Ia juga menyampaikan rasa bangganya karena dengan masuknya listrik ke Desa Tanjung Aur Kecamatan Maje ini, maka total sebanyak 192 desa di Kabupaten Kaur telah berlistrik.

“Kini seluruh desa di Kabupaten Kaur telah dialiri listrik. Untuk itu saya berharap kepada seluruh masyarakat yang telah mendapatkan fasilitas ini untuk menjaga aset kelistrikan yang ada, sehingga dapat terus berkesinambungan pasokan listriknya,” harapnya.

Dikatakan Bupati, pihaknya sangat dukungannya kepada PLN untuk terus mengembangkan ketenagalistrikkan di Kabupaten Kaur. Juga Bupati berharap dengan teralirinya 100 persen listrik di desa-desa wilayah Kaur atau Bengkulu ini, tentu kedepan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang dapat mendongkrak ekonomi di kehidupan masyarakat pada Kabupaten Kaur.

“Kami siap mendukung apapun kebutuhan PLN untuk mengembangkan jaringan kelistrikan di Kabupaten ini. Karena kami yakin bahwa Kabupaten Kaur ini dapat berkembang lebih besar lagi. Juga dengan semua desa teraliri listrik ini tentunya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Kaur,” harapnya.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, Ir. Ahyan Endu mewakili Gubernur Bengkulu juga menyampaikan, kebahagiaan Gubernur terkait masuknya listrik ke Desa Tanjung Aur di Kabupaten Kaur ini. Hal ini menandai telah tercapainya 100% Rasio Desa Berlistrik se Provinsi Bengkulu. Untuk itu, tercapainya pemasangan listrik di seluruh desa ini menjadi langkah penting untuk mengejar ketertinggalan Provinsi Bengkulu menjadi provinsi yang berkemajuan.

“Kita berkomitmen untuk terus meningkatkan kemajuan di Provinsi Bengkulu melalui pembangunan di berbagai sektor, salah satunya sektor ketenagalistrikkan. Kita juga sedang mendorong terbangunnya jaringan transmisi 150 KV dari Kota Bengkulu ke Kabupaten Bengkulu Selatan yang akan menopang kelistrikan hingga ke Kabupaten Kaur,” terangnya.

Sementara itu, Executive Vice President Distribusi Operasi Regional Sumatera PT PLN (Persero) Supriyadi dalam sambutannya, juga menyampaikan bahwa pembangunan jaringan kelistrikan menuju Desa Tanjung Aur ini meliputi Pembangunan Jaringan Tegangan Menengah sepanjang 18,96 kilometer sirkuit. Jaringan Tegangan Rendah sepanjang 4,73 kilometer sirkuit serta gardu diatribusi sebanyak 4 unit gardu. Seluruh pembangunan tersebut menelan biaya sebesar 8,25 Miliar Rupiah.

“PLN akan terus mengembangkan infrastruktur ketenagalistrikkan diseluruh pelosok tanah air untuk mendorong kemajuan daerah dan roda perekonomian. Saat ini di Provinsi Bengkulu, seluruh desa telah terakhir listrik, dan langkah kami tidak berhenti sampai disini saja, kami terus berupaya melistriki masyarakat hingga ke level dusun dan kampung-kampung, sehingga diharapkan seluruh masyarakat di pelosok negeri ini dapat menikmati listrik,” sampainya.

Dalam acara persemian itu, PT PLN juga memberikan bantuan paket sembako kepada 200 masyarakat kurang mampu di Kabupaten Kaur yang dilakukan secara simbolis oleh General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu kepada lima orang perwakilan warga Desa Tanjung Aur. Dimana bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian PLN kepada masyarakat yang membutuhkan yang dihimpun melalui Yayasan Baitul Mal PLN. (618/PRW)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*