100 Desa Galakkan ODF

Plt Kepal Dinkes Bengkulu Utara Samsul Maarif

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Kesadaran masyarakat Bengkulu Utara untuk hidup bersih di tahun 2019 ini diharapkan meningkat. Salah satunya contoh hidup bersih adalah dengan tidak buang air besar sembarangan.

Untuk itu, Dinas kesehatan (Dinkes) Bengkulu Utara di tahun 2018 telah menggalakkan program Open Defecation Free (ODF) dan dari 215 desa dan 5 kelurahan di 19 kecamatan yang ada, sebanyak 18 desa telah mendapat predikat ODF.

Untuk itu di tahun 2019 ini Dinkes Bengkulu Utara menargetkan untuk 100 desa bisa menggalakan program ODF. Hal ini disampaikan oleh Plt Kepala Dinkes Bengkulu Utara, Samsul Maarif ketika ditemui Bengkulu Ekspress di ruang kerjanya, kemarin (23/1).

“Ya ditahun ini kita targetkan 100 Desa sudah menggalakan program ODF ini,” kata Samsul.

Samsul juga menambahakan, memang kalau dilihat jumlah ini masih sangat kecil sekali kalau dilihat dari target secara nasional dari 3 kementerian, yakni Kementerian PU, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan lencapaian targetnya ditahun 2019 harus 100 persen.

“Karena kita memiliki bebrapa kendala baik penganggaran di desa dan kabupaten jadi target kita tidak muluk-muluk ditahun ini kita targetkan 100 desa sudah masuk kategori ODF atau 50 persen dari target nasional,” ujarnya.

Selain itu Samsul menyampaikan, ODF ini juga berkaitan erat dengan lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), yang meliputi stop buang air besar sembarangan, cuci tangan dengan sabun, penggunaan air bersih, pengolahan air limbah rumah tangga dan pengolaan sampah rumah tangga. “Dengan adanya program ODF ini masyarakat bisa tahu dan bisa untuk hidup bersih sehingga desa-desa yang ada di kabupaten Bengkulu Utara bisa mendapat predikat desa ODF,” tandasnya.(127)